Logo ABC

Guru Kenya Raih Penghargaan Guru Terbaik Dunia

Peter Tabichi mendapat hadiah $AUD 1,4 juta sebagai pemenang Global Teacher Prize di Dubai Uni Emirat Arab.
Peter Tabichi mendapat hadiah $AUD 1,4 juta sebagai pemenang Global Teacher Prize di Dubai Uni Emirat Arab.
Sumber :
  • abc

Seorang guru sains dari daerah pedesaan di Kenya (Afrika) yang sebelumnya memberikan 80 persen gajinya untuk membantu murid yang miskin telah mendapatkan penghargaan sebagai guru terbaik dunia dengan hadiah $AUD1,4 juta (hampir Rp15 miliar).

Guru Kenya terbaik di dunia dari Kenya yang bekerja mengajar anak-anak miskin memenangkan penghargaan "guru terbaik" dunia. Dia berencana menggunakan dana hadiah Rp15 miliar untuk membantu sekolah dan komunitas miskin.

Tabichi terpilih dari 10 ribu calon. Peter Tabichi yang juga merupakan pastor Katolik mendapat hadiah tersebut karena pengabdiannya mengajar di sekolah di pedesaan yang memiliki begitu banyak murid, namun tidak memiliki fasilitas memadai.

"Saya bangga. Saya hampir tidak percaya. Saya merasa senang bisa berada di antara guru-guru terbaik di dunia, menjadi yang terbaik di dunia," kata Tabichi setelah upacara penghargaan.

Tabichi mengajar di Sekolah Menengah Campuran Keriko di Desa Pwani, di mana 95 persen muridnya hidup di bawah garis kemiskinan, dan 30 persen adalah anak yatim piatu atau keluarga dengan orangtua tunggal.

"Sekolah itu berada di wilayah sangat terpencil — kebanyakan siswa berasal dari keluarga sangat miskin bahkan untuk bisa sarapan pagi pun mereka kesulitan," kata Tabichi dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh lembaga pemberi penghargaan, yaitu Global Teacher Prize.

Masalah sosial seperti penggunaan narkoba, kehamilan remaja, dan pernikahan dini membuat tingkat putus sekolah tinggi sekali dari kelas yang datang bisa diisi sampai sekitar 80 murid.