4 Tradisi Makan Unik dari Berbagai Negara

Makan dengan mayat
Sumber :
  • boredpanda

VIVA – Traveling ke berbagai negara menjadi pengalaman yang menarik terutama dalam hal tradisi lokal. Seringkali, banyak dari tradisi ini berputar di sekitar makanan dan tentu saja ada banyak ritual makanan aneh di luar sana.

6 Tradisi Unik Merayakan Hari Paskah dari Berbagai Negara

Orang-orang di Amica International telah melakukan penelitian dan banyak dari apa yang mereka temukan jelas bukan untuk orang yang lemah hati. Dilansir dari boredpanda, Senin, 20 Mei 2019 berikut ini empat tradisi makan unik yang ada di berbagai negara 

1. Makanan bersama mayat di Indonesia

5 Tradisi Unik Ramadhan Belahan Dunia, Ada yang Bikin Merinding

Di wilayah Sulawesi, ketika seorang anggota masyarakat adat Toraja meninggal, mereka tidak langsung dikuburkan atau dikremasi. Faktanya, masyarakat Toraja akan membiarkan mayat orang yang dicintai itu ada selama beberapa minggu, bulan, atau dalam beberapa kasus bertahun-tahun, sebelum mereka dimakamkan.

Ini termasuk menjaga tempat mereka di meja. Suami/istri dan anak-anak akan berbicara kepada mereka serta menyediakan makanan empat kali sehari mulai dari sarapan, makan siang, makan malam, dan teh sore hari. Tradisi ini diperkirakan berasal dari abad kesembilan dan sampai sekarang masih dipraktikkan.

Deretan Tradisi Aneh Valentine di Seluruh Dunia, Ada yang Bikin Melongo!

2. Minum darah sapi di Kenya

Minum darah mungkin merupakan salah satu tradisi yang lebih tidak jelas tetapi sebenarnya memiliki tujuan. Secara historis, meminum darah sapi membantu suku bepergian melintasi padang pasir yang luas di Afrika ketika persediaan makanan dan air terbatas.

Para pejuang suku Maasai masih mempraktikkan ritual itu hingga hari ini, baik dicampur dengan susu atau langsung dari urat sapi.  Sapi itu biasanya tidak dibunuh, namun, pengecualian dilakukan pada upacara besar di mana hewan itu ditularkan.

Orang-orang Maasai melihat nilai besar dalam darah sapi, dan dicatat bahwa setiap anak yang sedang tumbuh atau wanita hamil atau menyusui menerima jatah darah mentah setiap hari.

3. Festival sayuran di Thailand

Jangan berpikir bahwa ini hanyalah festival kecil yang indah yang dipenuhi dengan banyak sayuran.  Tidak, Festival Sembilan Kaisar Dewa adalah perayaan Tao yang berlangsung selama sembilan hari, dimulai pada malam menjelang bulan ke-9 bulan kalender Cina.

Sementara asal usul festival ini adalah makanan religius dan vegetarian memainkan peran besar, "kesenangan" yang sebenarnya mulai terungkap pada hari ke-9 ketika banyak penyembah melakukan mutilasi ritualistik pada diri mereka sendiri dan orang lain dalam keadaan seperti kesurupan.

Menusuk pipi, lengan, kaki, dan hampir semua bagian tubuh lainnya dengan apa saja mulai dari jarum suntik hingga tusuk sate besar adalah praktik yang umum. Jangan lupa juga "menguliti" sebagian. Oh, dan itu semua dilakukan tanpa anestesi juga.  

4. Cheese-rolling di Inggris

Festival ini akan menggulingkan bola keju dari atas bukit untuk mereka kejar. Roll dan Wake Cooper Hill's Cheese awalnya dibuat untuk penduduk setempat di desa Brockworth, Gloucestershire (karena itu menggunakan keju Double Gloucester). Namun, kegembiraan dan bahaya yang terkait dengan acara tersebut telah mendapatkan perhatian internasional selama bertahun-tahun, sehingga banyak para pendatang dari seluruh dunia ikut ambil bagian. 

Jika Anda yang pertama mencapai bagian bawah, dan masih utuh. Anda bisa membawa pulang keju dan seember penuh kebanggaan, tentu saja. Tradisi ini dianggap memiliki asal-usul pangan, meskipun ini masih diperdebatkan. Namun ada satu hal yang pasti, tidak ada yang menyangkal kecintaan terhadap keju di acara tahunan ini. (zho)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya