Terkepung di Tengah Kericuhan, Begini Trik Selamatkan Diri

Ilustrasi kericuhan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Berada dalam kondisi terjebak dalam kericuhan, seringkali membuat orang panik. Tak jarang mereka merasa bingung, bagaimana harus menghindar dari area tersebut.

Istana Jelaskan Kronologi Kericuhan Saat Open House Presiden Jokowi

Bagi Anda yang tengah beraktivitas, namun tiba-tiba menemukan kejadian ricuh, ada trik yang bisa diikuti agar Anda tetap aman dan terhindar dari marabahaya. Berikut tips menyelamatkan diri dari kericuhan seperti dikutip laman Reskrimsus Bali.

1. Bersiap-siaplah

Saksi Parpol Dibogem Oknum Brimob saat Rekapituasi Suara Pemilu di Pamekasan

Jika Anda yakin sedang berada di tengah-tengah lokasi kericuhan tetapi tidak dapat menghindar dari lokasi tersebut, ambillah langkah pencegahan sederhana yang dapat membawa dampak besar bagi nyawa Anda. Walaupun lebih mudah berasumsi bahwa kericuhan tidak akan terjadi di area Anda, lebih baik bersiap-siap untuk menghadapi kemungkinan yang terburuk.

Bahkan kerumunan yang paling tenang sekalipun dapat berubah menjadi berbahaya ketika salah satu anggotanya menggila dan mengamuk. Kemarahan dan histeria dapat menular, maka lebih baik mengetahui cara menghindari situasi seperti ini.

Ricuh Pleno di Yalimo Papua, Wakapolres-Kasat Lantas Diserang Batu dan Panah

2. Tetaplah tenang

Kericuhan membuat emosi menjadi tegang, tetapi jika Anda ingin selamat lebih baik Anda tetap sadar emosi, yaitu bersikap tenang. Adrenalin dan insting pertahanan diri memang akan timbul, tetapi berusahalah berpikir secara rasional dan pilihlah cara-cara yang aman.

Hindari konfrontasi dengan cara tetap menjaga posisi tubuh yang tidak mencolok. Teruslah berjalan. Jika Anda berlari atau bergerak terlalu cepat, Anda dapat menarik perhatian yang tidak diinginkan.

3. Bawalah orang-orang yang Anda kasihi sedekat mungkin dengan diri Anda

Jika Anda tidak sendirian, hal pertama yang Anda harus lakukan adalah memegang tangan atau menggandeng orang-orang yang sedang bersama-sama dengan Anda. Jika Anda membawa seorang anak kecil, gendong dia agar tidak jatuh.

Tetap berada bersama-sama dengan orang-orang yang Anda kasihi harus menjadi prioritas pertama Anda, lalu yang kedua adalah mencari jalan keluar. Pastikan sekali lagi bahwa orang-orang yang bersama Anda tetap berjumlah sama. Anda akan baik-baik saja jika Anda semua tetap bersama.

4. Jangan menggabungkan diri dalam kericuhan

Jika Anda terjebak dalam sebuah kericuhan, jangan pernah mulai memihak, membantu, atau menjadi menonjol. Bahkan, Anda seharusnya berusaha untuk tidak menonjol sebisa mungkin saat bergerak keluar dari kericuhan dan menjauhinya. Untuk melakukan ini, tetaplah mendekat dengan tembok dan pemisah lainnya, tetapi hindari jalan-jalan yang menyempit atau area apapun tempat banyak orang berdesak-desakan melalui jalan yang sempit.

5. Kemudikan mobil dengan benar, jika Anda mengemudi

Kecuali mobil Anda adalah pusat perhatian dari kerusuhan yang mengamuk, Anda harus tetap berada di dalam mobil dan terus mengemudi setenang mungkin. Cobalah untuk mencari jalan yang bebas dari kericuhan dan hindari jalan-jalan utama yang biasanya digunakan oleh mereka.

Teruslah berjalan maju dan jangan berhenti hanya untuk melihat keadaan. Jika ada orang yang berusaha menghalangi mobil Anda, bunyikan klakson dan teruslah mengemudi sampai Anda keluar dari kerumunan itu (tentunya, ini bukan berarti Anda menabrak orang tersebut). Mengemudilah dengan kecepatan yang pas agar mereka punya waktu untuk minggir dan menyadari bahwa Anda serius.

6. Pergilah dari kerumunan dengan setenang mungkin

Jika Anda berjalan kaki, Anda harus menjauh dengan mengikuti alur pejalan kaki, bukan berlawanan arah. Jika Anda berlawanan arah, Anda akan terlihat menonjol dan dapat diserbu. Gunakan siku Anda untuk mendorong kerumunan agar Anda dapat berjalan. Namun walaupun Anda ingin menyelamatkan diri, Anda harus bergerak dengan tenang dan agak perlahan.

7. Hindari area-area yang macet total

Untuk meningkatkan kesempatan keamanan Anda, Anda harus menghindari area-area yang biasanya mungkin akan penuh dan jalan-jalan yang berbahaya, agar Anda tidak justru membawa diri sendiri ke dalam situasi yang berbahaya. Meskipun mungkin area yang macet total itu adalah jalur pulang Anda yang paling cepat, area itu bukanlah jalur yang paling aman jika jalur tersebut adalah target dari kericuhan.

8. Bergeraklah ke area tertutup yang aman

Kericuhan biasanya terjadi di jalan-jalan, bukan di dalam gedung-gedung. Hanya dengan masuk ke dalam gedung yang kokoh dan terkendali, Anda dapat melindungi diri dari bahaya kericuhan. Namun tetap waspada selalu pantau situasi dari tempat yang aman. (rna)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya