Tradisi Unik Lebaran di Indonesia, Ngejot hingga Aghi Yayo Onam

Tradisi Unik Lebaran di Indonesia, Ngejot hingga Aghi Yayo Onam

Rabu, 5 Juni 2019 | 17:10 WIB
Mulai ddari silaturahmi, berbagi makanan hingga pulang kampung.
Tradisi Hari Raya Enam atau Aghi Yayo Onam
Photo :
  • Istimewa

Tradisi Hari Raya Enam atau Aghi Yayo Onam

VIVA – Umat Muslim di Tanah Air hari ini merayakan Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Pada momen ini, masyarakat akan berkumpul bersama keluarga untuk bersilaturahmi dan makan bersama.

Tiap daerah di Indonesia punya tradisi untuk merayakan selesainya ibadah puasa, mulai dari tradisi hantaran makanan hingga makan bersama. Lalu tradisi Lebaran apa saja yang ada di berbagai daerah di Indonesia?

Berikut ini seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Ngejot

Tradisi ini merupakan tradisi Lebaran khas masyarakat Lombok. Ngejot dilaksanakan dengan menyajikan dan berbagi makanan dengan tetangga dan sanak saudara.

Nantinya warga beramai-ramai mengantar nampan dengan wadah dulang atau sampak (baki besar)  berisikan berbagai jenis makanan khas Lebaran. Tradisi ini memiliki tata cara, seperti dulang diantar secara simbolis kepada tokoh masyarakat yang diawali dengan wudu untuk menyucikan diri. Setelah itu, baru mendatangi kerabat maupun tetangga dekat.

2. Munjung

Tradisi dari Jawa Tengah ini biasanya dilakukan sehari sebelum Lebaran, tepatnya saat sore hari menjelang berbuka puasa di akhir Ramadan. Masyarakat saling berkunjung ke rumah kerabat atau tetangga dengan membawa beberapa makanan, seperti ketupat dan opor ayam atau sejenisnya diberikan kepada yang punya rumah.