Logo BBC

Polemik Tuduhan Simbol Illuminati pada Masjid Rancangan Ridwan Kamil

Masjid Al-Safar dilihat dari atas. - Jasa Marga
Masjid Al-Safar dilihat dari atas. - Jasa Marga
Sumber :
  • bbc

Rancang bangun Masjid Al Safar di Bandung, Jawa Barat, menjadi polemik setelah muncul tuduhan bahwa konstruksi tempat ibadah itu menampilkan simbol-simbol Illuminati.

Illuminati adalah kelompok persaudaraan rahasia kuno dan diyakini masih ada sampai sekarang, meskipun tidak ditemukan bukti nyata tentang keberadaannya.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, selaku arsitek di balik rancangan masjid tersebut pun berupaya menjelaskan kepada publik terkait polemik desain masjid itu dengan mengikuti diskusi umum di Bale Asri Pusdai Jabar, Kota Bandung, pada Senin (10/06).

Turut hadir dalam diskusi itu adalah Rahmat Baequni, seorang ustaz yang mempersoalkan desain Masjid Al Safar lantaran dianggap mirip simbol illuminati atau Dajjal, yaitu segitiga dan mata satu.

Bagaimana polemik ini mengemuka?

Tuduhan bahwa desain Masjid Al Safar menampilkan ciri khas illuminati viral di media sosial selama beberapa pekan terakhir.

Di Twitter, misalnya, muncul video tentang penjelasan Rahmat Baequni yang mempersoalkan desain masjid yang terletak di Rest Area KM 88 B Jalan Tol Purbaleunyi arah Jakarta.