Logo ABC

Dewi Lestari Beberkan Tantangan Jadi Penulis di Indonesia Saat Ini

Dewi Lestari dan Prof Ariel Heryanto di Herb Feith Indonesian Engagement Centre
Dewi Lestari dan Prof Ariel Heryanto di Herb Feith Indonesian Engagement Centre
Sumber :
  • abc

Suasana kehidupan sosial politik di Indonesia yang saat ini terpolarisasi juga berpengaruh terhadap proses kreatif pekerja seni, termasuk para penulis.

Hal tersebut diungkapkan oleh Dewi Lestari, salah seorang penulis buku yang populer di Indonesia dalam sebuah perbincangan di Monash University di Melbourne, Australia, Kamis, 13 Juni 2019.

Ia hadir dalam acara bulanan yang diselenggarakan oleh Herb Feith Engagement Centre milik universitas yang dibentuk untuk meningkatkan interaksi antara Indonesia dan Australia di berbagai bidang.

Dewi yang juga dikenal dengan nama Dee Lestari sudah menerbitkan beberapa novel dan cerita pendek yang mendapat sambutan hangat dari para pembaca di Indonesia. Salah satu kumpulan cerita yang terkenal adalah seri Super Nova.

Didampingi oleh Direktur Herb Feith Centre, Profesor Ariel Heryanto, Dewi membeberkan apa yang dirasakannya di dunia industri kreatif Indonesia saat ini, khususnya di bidang penulisan buku.

Menurutnya, walau seringkali disebut bahwa tingkat literalisasi di Indonesia merupakan salah satu yang terendah di dunia, Dewi yang lahir di Bandung mengatakan bahwa dia melihat suasana di bidang penulisan saat ini justru sangat bergairah.

"Saya melihat bahwa ada beberapa penulis yang bisa hidup sepenuhnya dari kegiatan tulis menulis saja." katanya dalam acara yang dihadiri oleh sekitar 50 orang dari berbagai kalangan tersebut.