Mau Jadi Penulis Andal? Simak Bocoran dari Ahlinya

Ilustrasi menulis.
Sumber :
  • Pixabay/ StartupStockPhotos

VIVA – Tanpa sadar, menulis dan membaca sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Menulis menjadi salah satu cara untuk menuangkan ide dan isi pikiran kita.

Kisah Mualaf Jeffrey Lang, Profesor Amerika yang Pilih Islam Usai Jadi Atheis

Bukan hanya itu saja, terkadang dengan menulis kita bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Sebut saja travel blogger, atau penulis novel.

Namun, tidak bisa dimungkiri menulis dan menghasilkan karya yang enak dibaca dan bernilai jual bukanlah perkara mudah. Maka dari itu, untuk menghasilkan karya tulisan yang baik, Anda harus lebih teliti dalam mengolah tulisan Anda.

Penulis Tere Liye Bagi-bagi Bansos

Lalu bagaimana untuk bisa menghasilkan tulisan yang enak dibaca? Co-founder KETIX, yang juga merupakan pendiri komunitas menulis online Tendi Murti menyebut, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah kebiasaan membaca. Membaca, kata dia, memberi peran penting untuk bisa menghasilkan sebuah karya tulisan yang baik dan enak dibaca.

“Yang namanya menulis itu habit, bukan ilmu pengetahuan. Semakin dia sering menulis, semakin dia lancar menulis, apalagi dibarengi bacaan mereka. Penulis tanpa membaca itu omong kosong karena membaca itu menambahkan kosa kata tulisannya. Ketika stuck, dia kurang membaca tapi kalau banyak baca, menulis lancar saja,” tutur dia kepada VIVA saat ditemui di Jakarta, Selasa, 9 Juli 2019.

Deddy Corbuzier Melongo, Bocah 11 Tahun Ini Buat 40 Buku dan 8 Diantaranya Best Seller di Amazon

Kedua yang juga penting adalah terus menerus atau konsisten menulis. Dengan begitu akan membantu mengembangkan kemampuan menulisnya. Sementara menulis bisa merangsang imajinasi si penulis. Yang mana imajinasi juga memegang peranan penting dalam membuat sebuah tulisan terutama tulisan fiksi.

“Mau enggak mau cari teknik. (Tapi) kalau awal, tulis aja dulu, jangan pikirkan teknik dan sebagainya,” kata dia

Buku yang Dibaca Camillia Azzahra alias Zara

Buku Karya Penulis Israel yang Diduga Pengaruhi Zara Lepas Hijab Beredar di Indonesia

Penyebab Camillia Laetitia Azzahra atau yang akrab disapa Zara untuk melepaskan hijabnya menuai penasaran banyak orang hingga dikaitkan dengan buku karya penulis Israel.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024