Arti AM dan PM, Enggak Usah Bingung Lagi Membedakannya - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Rabu, 10 Juli 2019 | 01:08 WIB

Arti AM dan PM, Enggak Usah Bingung Lagi Membedakannya

Ternyata, singkatan tersebut berasal dari bahasa latin.
Ilustrasi jam tangan
Photo :
  • Pixabay

Ilustrasi jam tangan

VIVA – Anda mungkin tak asing dengan beberapa singkatan, tetapi apakah Anda tahu kepanjangan dari singkatan itu? Singkatan, biasanya umum diambil dari bahasa yang sering digunakan.

Namun, salah satu singkatan universal yang digunakan masyarakat dunia adalah AM dan PM. Singkatan ini digunakan untuk menyebutkan periode waktu.

Ternyata, singkatan tersebut berasal dari bahasa latin. Lalu, apa arti AM dan PM?

Dikutip dari Reader's Digest, AM merupakan singkatan dari Ante Meridiem, yang artinya sebelum siang atau sebelum tengah hari. Itu sebabnya, dalam sistem format 12 jam, mulai tengah malam hingga sebelum tengah hari menggunakan sebutan AM.

Sementara itu, PM adalah singkatan dari Post Meridiem, yang berarti setelah siang atau setelah tengah hari. Dengan demikian, sebutan ini berlaku mulai tengah hari dan hingga sebelum tengah malam. Kata Latin post bersinonim dengan kata after atau setelah.

Namun, orang kadang bingung menghitung periode waktu AM dan PM. Nah berdasarkan pembagian periode waktunya, AM digunakan ketika memasuki pukul 00 hingga pukul 11.59. Sedangkan PM digunakan ketika waktu masuk pukul 12.00 hingga pukul 23.59.

Sebagai contoh, secara teknis 12.00 malam disebut dengan 12 AM. Sementara itu, 12 siang disebut dengan 12 PM. (asp)

Topik
loading...
Muat Lainnya...