Arti AM dan PM, Enggak Usah Bingung Lagi Membedakannya

Ilustrasi jam tangan
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Anda mungkin tak asing dengan beberapa singkatan, tetapi apakah Anda tahu kepanjangan dari singkatan itu? Singkatan, biasanya umum diambil dari bahasa yang sering digunakan.

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Namun, salah satu singkatan universal yang digunakan masyarakat dunia adalah AM dan PM. Singkatan ini digunakan untuk menyebutkan periode waktu.

Ternyata, singkatan tersebut berasal dari bahasa latin. Lalu, apa arti AM dan PM?

KPK Ungkap Nilai TPPU Eko Darmanto usai Jadi Tersangka, Nilainya Gak Main-main

Dikutip dari Reader's Digest, AM merupakan singkatan dari Ante Meridiem, yang artinya sebelum siang atau sebelum tengah hari. Itu sebabnya, dalam sistem format 12 jam, mulai tengah malam hingga sebelum tengah hari menggunakan sebutan AM.

Sementara itu, PM adalah singkatan dari Post Meridiem, yang berarti setelah siang atau setelah tengah hari. Dengan demikian, sebutan ini berlaku mulai tengah hari dan hingga sebelum tengah malam. Kata Latin post bersinonim dengan kata after atau setelah.

Lebih dari 7 Ribu Aparat Amankan Pembacaan Putusan MK soal Sengketa Pilpres Hari Ini

Namun, orang kadang bingung menghitung periode waktu AM dan PM. Nah berdasarkan pembagian periode waktunya, AM digunakan ketika memasuki pukul 00 hingga pukul 11.59. Sedangkan PM digunakan ketika waktu masuk pukul 12.00 hingga pukul 23.59.

Sebagai contoh, secara teknis 12.00 malam disebut dengan 12 AM. Sementara itu, 12 siang disebut dengan 12 PM. (asp)

Petugas yang mengawal Anies dan Keluarga selama Pilpres 2024 berpamitan

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

Tugas tim pengawal yang melekat pada Anies Baswedan selaku Capres 2024 nomor urut 01 telah selesai dan mereka telah berpamitan kepada Anies dan Keluarga.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024