Berbagi Resep Sukses di Kampus dengan Kitab Suci Kuliah

Acara peluncuran buku berjudul “Kitab Suci Kuliah” karya Andhika Sudarman (tengah)
Sumber :
  • Ist

VIVA – Bagi mahasiswa baru, menimba ilmu di perguruan tinggi bisa jadi termasuk masa yang paling mendebarkan dalam hidup. Apakah menjadi mahasiswa membuat hidup menjadi semakin berat atau justru malah  menyenangkan merupakan pertanyaan yang mengiang-ngiang di dalam benak ketika melangkah ke kampus.

Andhika Sudarman, Orang Pertama Asia Tenggara yang Pidato di Harvard

Namun, yang pasti, menjadi mahasiwa tidak lah seberat yang dibayangkan. Asal sudah punya bayangan jurusan ilmu apa yang bakal digeluti dan, tentu saja, kemauan untuk lulus dengan hasil yang baik, syukur-syukur bisa cum laude. Namun, ada sejumlah kiat atau pakem tertentu yang tidak ada salahnya untuk dijalani.

Resep itu lah yang coba dibagi oleh Andhika Sudarman, mantan mahasiswa yang sudah sukses menempuh “kawah candradimuka” di dunia kampus. Dalam bukunya yang berjudul “Kitab Suci Kuliah”, Andhika mengungkapkan segala hal tentang kesempatan pengembangan diri dalam dunia perkuliahan. 

Kisah Pemuda Tanjungpinang Cetak Sejarah di Universitas Harvard AS

“Diharapkan dapat menjawab pertanyaan dan tantangan yang ‘pasti’ dialami seorang mahasiswa: Apa saja kesempatan yang ada di dunia kampus? Bagaimana menjadi aktif di kampus? Bagaimana bisa berprestasi? Bagaimana agar bisa menjadi lebih percaya diri?”

Demikian Andhika saat meluncurkan bukunya itu dalam suatu acara yang diadakan Kamis, 1 Agustus 2019, di Balai Kota DKI Jakarta. Acara peluncuran buku terbitan PT Elex Media Komputindo tersebut dilanjutkan dengan talkshow bertema “Dare to dream – because education makes things possible” sebagai bagian dari kegiatan The 9th Jakarta Model United Nations dengan penulis buku sebagai pembicara, yaitu Andhika.

Ibunda Meninggal Dunia, Angger Dimas Ungkap Kenangan Haru Tak Terlupakan

Dia mengungkapkan buku ini sebenarnya telah ditulis sejak 2014 silam saat Andhika mengikuti pertukaran pelajar di Tohoku University, Jepang. Andhika sendiri menjalani kuliah selama 5 tahun dengan segudang prestasi, mulai dari mendapatkan lebih dari 15 penghargaan di tingkat nasional maupun internasional, berpengalaman menjadi pengurus di 9 organisasi.

Dia pun pernah magang dan tinggal di 4 negara yang berbeda, termasuk mendapatkan beasiswa penuh untuk melakukan pertukaran pelajar di Jepang selama 1 tahun, menjadi pembicara dalam lebih dari 25 kegiatan, berpartisipasi dalam pendirian 1 organisasi tingkat ASEAN, memiliki 1 proyek information crowdsourcing. Andhika juga menjadi delegasi resmi pemerintah Indonesia dalam forum internasional terbesar kedua di dunia setelah Olympic Games saat itu, sampai mendapatkan Honorable Mention di High-Level Political Forum on Sustainable Development, yaitu the 61st Harvard National Model United Nations.

Kini Andhika sedang menyiapkan keberangkatannya ke Harvard Law School untuk perkuliahan mulai musim gugur mendatang. “Dulu ketika saya masih mahasiswa baru di Fakultas Hukum UI, saya sama sekali tidak mengetahui apa pun tentang dunia perkuliahan, dan saya pikir banyak orang yang mengalami hal serupa,” tuturnya.

Andhika Sudarman penulis buku Kitab Suci Kuliah

“Saya juga sempat merasa “inferior” dibanding mereka yang sudah berasal dari sekolah top SMA dan sudah berprestasi di tingkat dunia. Saya kemudian beruntung karena bertemu dengan banyak orang yang membantu dan membagi ilmu dengan saya. Sekarang saatnya saya membagikan ilmu dan pengalaman agar orang lain juga mengerti strategi untuk mahir menyusun strategi kuliah, menemukan apa yang mereka perlu capai untuk bisa maximally utilize kesempatan yang ada dalam perkuliahan,” Andhika menjelaskan.

Turut mendukung pembelajaran dan pengembangan soft skills anak muda Indonesia adalah Rektor Universitas Indonesia, Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M. Met. “Andhika dengan segala prestasinya adalah figur yang tepat untuk menulis buku panduan berprestasi seperti ini. Saya amat menyarankan untuk baca buku ini jika teman-teman menginginkan elevasi kualitas diri di dunia perkuliahan,” ujar Anis.

Senada dengan dukungan Anis, Najwa Shihab, Founder Narasi.TV, juga memberikan testimoni. “Jika hidup adalah memaknai pilihan dan menemukan makna, buku ini akan membantu mahasiswa yang terjebak agar berani mendobrak batasan dan menggapai cakrawala impian yang barangkali tak terpikirkan,” tulis Najwa.

Indra Sugiarto sebagai Founder/CEO @MasukKampus juga menjelaskan, “Banyak mahasiswa yang ingin berprestasi namun tidak mengetahui caranya. Buku ini menarik karena penuh dengan tips and tricks praktis pengalaman Andhika sebagai No. 1 Mahasiswa Berprestasi Nasional. Buku ini wajib dibaca anak muda Indonesia yang ingin terinspirasi untuk berprestasi.”

Berkecimpung di organisasi yang sama dan sering mengadakan acara Bersama, seniman nasional Chelsea Islan juga mengatakan, “Andhika adalah teman saya dari komunitas Youth of Indonesia, yang telah menginspirasi banyak generasi muda Indonesia. Saya yakin buku ini akan memotivasi teman-teman dan mengajak teman-teman untuk berani bermimpi besar.”

Menurut Andhika, buku ini akan tersedia di seluruh toko Gramedia bulan depan dan pembelian melalui online juga dimungkinkan. Registrasi untuk pemberitahuan pengumuman pre-order juga dapat dilakukan di http://bit.ly/KitabSuciKuliah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya