Beragam Sejarah di Balik Perayaan Valentine Ternyata Menyedihkan

Beragam Sejarah di Balik Perayaan Valentine Ternyata Menyedihkan

Jumat, 14 Februari 2020 | 13:13 WIB
Kisah sejarah tentang Valetine juga romantis
Ilustrasi Valentine
Photo :
  • Pixabay

Ilustrasi Valentine

VIVA – Valentine, jadi momen yang rutin dirayakan tiap tahun oleh sebagian besar masyarakat dunia. Tiap 14 Februari, Hari Valentine diperingati sebagai mome Kasih Sayang. Umumnya Hari Valentine dirayakan dengan orang-orang tercinta, menghabiskan waktu bersama, dan bertukar hadiah ataupun mengirimkan kartu ucapan bernadakan ungkapan kasih sayang.

Namun jika merunut lagi ke belakang, sebenarnya bagaimana Hari Valentine terbentuk serta bagaimana sejarah yang ada di baliknya? Dilansir dari laman History, sejarah  hari valentine berasal dari seorang pendeta dari Roma bernama Valentine atau Valentinus.

Salah satu legenda berpendapat bahwa Valentine adalah seorang pendeta yang melayani gereja selama abad ketiga di Roma.  Ketika Kaisar Claudius II memutuskan untuk melarang pria muda untuk menikah, hal ini karena dia melihat bahwa prajurit pria lajang lebih baik daripada prajurit yang telah beristri dan memiliki keluarga.  Sebab, menurut sang Kaisar bala tentaranya enggan pergi ke medan perang karena terikat pada istri atau kekasih mereka.

Untuk mengatasinya Claudius II melarang semua bentuk pernikahan serta pertunangan yang ada pada Roma. Melihat ketidakadilan keputusan tersebut, Valentine menolak, dengan cara terus menikahkan para pasangan muda secara diam-diam. Namun sayangnya, tindakan Valentine itu diketahui oleh Claudius. Akibatnya, Claudius memerintahkan prajuritnya untuk membunuh Valentine.

Selain itu ada, juga versi yang menyebut perayaan Valentine berawal dari Santo Valentine dari Terni, yang merupakan seorang uskup, yang dipenggal oleh Claudius II di luar Roma.

Kisah-kisah lain menunjukkan bahwa Valentine mungkin terbunuh karena berusaha membantu orang Kristen melarikan diri dari penjara Romawi yang keras, lantaran di sana mereka sering dipukuli dan disiksa. Menurut salah satu legenda, Valentine yang dipenjara sebenarnya mengirim “pesan cinta” pertama setelah dia jatuh cinta dengan seorang gadis muda yang kemungkinan merupakan putri sipir tempat dia dipenjara, yang selalu mengunjungi selama dia ditahan.  

Berita Terkait :
Saksikan Juga