Mengintip Prosesi Nikah Adat Makassar di Pernikahan Cucu Soeharto
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Sabtu, 15 Februari 2020 | 13:53 WIB

Mengintip Prosesi Nikah Adat Makassar di Pernikahan Cucu Soeharto

Dari ketuk pintu hingga upacara adat batal wudu Mappasikarawa.
Pernikahan Danny Rukmana dan Raiyah Chitra Caesaria.
Photo :
  • Cendana TV

Pernikahan Danny Rukmana dan Raiyah Chitra Caesaria.

VIVA – Tepat pukul 11.26 WIB, putra ke-3 Siti Hardiyanti Indra Rukmana alias Tutut Soeharto, Danny Bimo Hendro Utomo, resmi menjadi suami Raiyah Chitra Caesaria setelah mengikrarkan akad nikah. Usai menggelar akad nikah, acara kemudian dilanjutkan dengan acara adat Makassar.

Danny Rukmana melakukan tradisi upacara ketok pintu, yang mana merupakan prosesi adat yang dilakukan oleh mempelai pria untuk menjemput mempelai wanita.

"Upacara jemput mempelai wanita melalui satu pintu. Dimana pintu harus diketuk pintu terlebih dahulu untuk bisa menemui mempelai wanita. Upacara ketok pintu di dalam kamar," kata pembawa acara.

Danny Rukmana terlihat bangun dari tempat duduk dan diiringi keluarga ayah dan ibunda serta ayah mempelai wanita untuk menjemput Raiyah Chitra Caesaria. Sebelum mengetuk pintu salah satu perwakilan pihak mempelai wanita menyambut Danny Rukmana dan menanyakan perihal apakah beberapa syarat yang telah diajukan dipenuhi.

Setelah mendengar jawaban Danny Rukmana, pihak perwakilan mempelai wanita mempersilakannya untuk mengetuk pintu dan menemui istrinya. Setelah itu Danny Rukmana melanjutkan upacara adat Mappasikarawa. 

Menurut penjelasan pembawa acara, upacara adat Mappasikarawa adalah upacara batal wudu yang mana suami menyentuh istri sesaat setelah keduanya sah menjadi suami istri. 

Pembawa acara itu kemudian menjelaskan yang disentuh oleh Danny Rukmana adalah telinga sang istri. Menyentuh telinga istri ini dimaksudkan agar istri mendengar perkataan sang suami.

Bagian kedua yang disentuh Danny adalah pundak sang istri yang mana berarti agar keduanya bahu membahu menjalani rumah tangga. Bagian ketiga adalah menyentuh kerongkongan sang istri yang bermakna agar makanan dan minuman yang masuk ke kerongkongan halal dan nikmat serta keduanya bisa diberikan rezeki yang halal. 

Bagian terakhir yang disentuh adalah dada sang istri. Ini pertanda kesuburan yang mana keduanya diharapkan diberi rezeki keturuan yang solih dan solihah. 

Setelah itu Danny Rukmana kemudian membawa sang istri, Raiyah Chitra Caesaria untuk dihadapkan kepada para tamu undangan. Setelah kembali ke meja akad, keduanya melanjutkan proses administrasi yakni mendatangani beberapa dokumen pernikahan seperti akta nikah dan buku nikah.

Setelah itu Danny Rukmana  memberikan mahar kepada sang istri. Penghulu pun sempat bercanda ketika melihat Danny Rukmana gugup memandang wajah sang istri.

"Mas Danny sudah sah, tapi terlihat gugup," begitu celetuk penghulu. 

loading...
Muat Lainnya...