Detik-detik Penyelam Dihampiri Hiu Putih Terbesar

Hiu dan Manusia
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Menjadi seorang penyelam tidaklah mudah. Selain harus mahir berenang dan memiliki lisensi, satu yang enggak kalah penting adalah kamu harus memiliki keberanian untuk menghadapi berbagai risiko ketika berada di bawah laut. Termasuk bertemu dengan makhluk mengerikan sekalipun, seperti hiu misalnya.

6 Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan di Morotai, Termasuk Berenang dengan Hiu Sirip Hitam

Bertemu dengan hiu juga dialami oleh dua penyelam ini. Kisah mereka berawal saat penyelam dari One Ocean Diving and Research, Ocean Ramsey dan Juan Oliphant, sedang menyelam di lepas pantai Oahu di Hawaii. Mereka bertemu dengan hiu putih terbesar yang pernah tercatat, sedang berenang bersama dengan banyak hiu harimau.

Rupanya, bangkai paus sperma yang mati menarik hiu putih untuk datang ke daerah itu. Dua penyelam pemberani ini memutuskan untuk berenang di sebelahnya dengan jarak yang sangat dekat. Hal ini mereka lakukan untuk membuktikan bahwa hiu adalah hewan yang jinak, terutama untuk hiu putih.

Bikin Bingung, Ikan Pari Dihamili Hiu Berumur 1 Tahun

Mereka percaya, hiu putih merupakan Deep Blue yang terkenal dan hiu yang mereka temui adalah hiu putih terbesar yang pernah tercatat, karena ukurannya yang sangat besar dan memiliki ciri khas tertentu, meski belum terkonfirmasi.

"Dia terlihat seperti itu sekarang. Mungkin akan lebih menarik kalau ada hiu putih besar lainnya. Anda tahu, itu (hiu) super size. Dan populasi mereka sudah sangat berkurang," kata Oliphant, dilansir Healthy Food House, Jumat 21 Februari 2020.

Menegangkan! Momen Pertarungan Hiu Vs Buaya Air Asin di Lautan

Peneliti hiu dan pelestari lingkungan, Ocean Ramsey, yang mengoperasikan One Ocean Diving and Research yang berbasis di Oahu bersama dengan tunangan dan rekannya, Oliphant, menjelaskan bahwa mereka langsung mengabadikan momen saat mereka melihat hiu-hiu tersebut.

"Kami melihat beberapa harimau (hiu) dan kemudian dia (hiu putih) datang dan semua hiu lainnya menyebar, dan dia mulai mendekati perahu. Dia hanya raksasa yang cantik dan besar yang ingin menggunakan perahu kami sebagai tiang garuk. Kami pergi saat matahari terbit, dan dia bersama kami hampir sepanjang hari," kata Ocean.

Oliphant membagikan video pertemuannya dengan hiu tersebut di Instagram, dengan judul 'GREAT WHITE SHARK'. Video itu kemudian viral, dengan lebih dari 842 ribu penayangan.

Hiu putih itu diperkirakan memiliki panjang 6,1 meter hingga 6,4 meter. Namun, hiu tersebut sangatlah lebar, sehingga Ramsey menganggap kalau hewan ini sedang hamil. Hiu putih merupakan hewan yang sudah sangat susah dijumpai dan akhirnya momen langka tersebut dijumpai di Hawaii.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya