7 Fakta Garaga, King Kobra Milik Panji Petualang yang Dilepas ke Alam

King Kobra
Sumber :
  • instagram/@panji

VIVA – Baru-baru ini, Panji Petualang melepaskan ular kesayangannya yang bernama Garaga. Ular jenis king cobra tersebut merupakan salah satu ular paling mematikan di dunia.

Ular King Kobra 3 Meter Menyusup di Mobil Sejauh 80 Km

Bukan cuma mematikan, ular kobra seperti Garaga ini juga dikenal karena gigitannya yang tajam. Ada juga ciri-ciri lain yang melekat pada king kobra. Berikut ini adalah 7 fakta tentang King Kobra seperti dikutip laman Mental Floss.

King Kobra adalah ular beracun terpanjang di dunia

Merinding! Panji Petualang Disapa Makhluk Gaib Sebelum Digigit Ular, Jarinya Sampai Gosong

Ular yang berasal dari Asia Selatan ini dapat tumbuh hingga 10--13 kaki. Rekor terpanjang ditemukan pada ular yang mendiami London Zoo dan berasal dari Malaysia, dengan panjang 18 kaki 9 inci.

King Kobra dapat meraung

Terekam Ular Kobra Merayap di dalam Baju Seorang Pria, Netizen: ya Allah

Ketika merasa terancam, King Kobra bisa menegakkan tubuhnya dan melebarkan wajahnya. Postur tubuh yang demikian telah biasa kita lihat di berbagai media. Namun, tidak hanya itu. King Kobra juga dapat mengeluarkan bunyi raungan kecil. Mereka akan menarik nafas dan mengeluarkannya dengan cepat. Lalu, tekanan udara yang keluar melalui trakea diverticula akan bereaksi layaknya ruangan yang bergema.

Mereka memakan ular jenis lain

Meski kebanyakan kobra memakan hewan-hewan seperti kadal, tikus, ataupun burung, namun tidak dengan king kobra. Hewan yang satu itu mampu memakan sesama ular, mulai dari piton hingga sesama king kobra.

Gemar bergelut

Layaknya hewan-hewan lain, king kobra juga memiliki taktik khusus untuk membuat terkesan betinanya. Mereka mencari lawan dan saling menegakkan badan. Mereka kemudian bergelut dan saling mengalahkan satu sama lain. Siapa yang lebih dulu terkapar di tanah, maka dialah yang kalah. Dalam pertarungan ini, saling menggigit tidak diperkenankan.

King kobra aktif ketika siang hari

Jika kebanyakan kobra jenis lain lebih banyak beraktivitas di malam hari, maka tidak demikian dengan King Kobra. Ular jenis satu ini lebih banyak beraktivitas di siang hari. Lalu, pada malam hari, mereka akan beristirahat di bawah batang kayu atau gundukan akar.

Satu-satunya spesies ular yang membuat sarang

Pada umumnya, ular akan meletakkan telur mereka di lubang atau cekungan. Namun, king kobra akan membangun sarang yang terbuat dari daun. Setelah meletakkan 20-30 telur, mereka akan kembali mengumpulkan daun untuk menutupi sarang tersebut.

Dapat hidup hingga lebih dari 20 tahun

Umur king kobra rata-rata hingga 17,1 tahun. Namun, telah ditemukan satu king kobra yang berumur hingga 22 tahun.

Laporan: Nariyati

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya