Misteri Pesan Darurat di Mesin Telegraf Kapal Titanic Mau Diungkap

Misteri Pesan Darurat di Mesin Telegraf Kapal Titanic Mau Diungkap

Jumat, 12 Juni 2020 | 05:00 WIB
Mesin telegraf akan diambil dari bangkai Titanic di dasar samudera.
RMS Titanic
Photo :
  • VIV'A

RMS Titanic

VIVA – Perusahaan penyelamat RMS Titanic Inc. dikabarkan telah memiliki ide tak masuk akal. Mereka ingin menguak misteri kisah para operator saat melakukan panggilan darurat beberapa saat sebelum kapal pesiar mewah itu mengalami kecelakaan dan tenggelam.

Dikutip dari timesnownews, Jumat 12 Juni 2020, untuk mewujudkan gagasan itu, RMS Titanic merencanakan penyelaman ke bangkai Titanic untuk mengambil mesin telegram yang dipakai untuk menyampaikan laporan darurat tragedi itu.

Namun, rencana itu mendapat tentangan dari Pemerintah Amerika, alasannya ekspedisi pengangkatan mesin telegraf yang direncanakan itu melanggar hukum federal dan perjanjian dengan Inggris yang menyatakan untuk tak ada pihak manapun yang boleh mengganggu bangkai kapal yang sudah karam di dasar laut.

Bahkan kuasa hukum Pemerintah Amerika telah mengajukan gugatan hukum ke hakim federal di Norfolk awal pekan ini. Kuasa hukuma mengatakan bahwa hukum federal mengharuskan perusahaan penyelamat untuk mendapatkan otorisasi dari Sekretaris Perdagangan sebelum melakukan ekspedisi penyelamatan.

RMS Titanic