5 Cara Bikin Pekerja Milenial Betah di Tempat Kerja

Ilustrasi Generasi Milenial
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Kita semua telah mendengar tentang stereotip — milenial yang pendiam dan antisosial yang tidak menatap mata saat berbicara. Sering disebut sebagai "Generasi Saya", generasi milenium memiliki reputasi sebagai pemalas, terlalu asyik dengan smartphone mereka untuk terhubung dengan orang-orang di sekitar mereka — tetapi apakah stereotip ini benar-benar kenyataan?

Komunitas Orang Papua di Yogyakarta Dukung Prabowo-Gibran Menang Satu Putaran

Generasi Milenial adalah generasi yang paling beragam secara etnis, ras dan sosial, dan mereka memiliki lebih banyak gelar sarjana daripada generasi sebelumnya. Mereka menghargai independensi, kolaborasi, dan integritas. 

Generasi ini tidak dapat mentolerir kebosanan; ingin ditantang oleh pekerjaan mereka dan oleh majikan mereka. Jadi apa artinya semua ini bagi perusahaan dan pemimpin senior?

Profil Andi Jerni, Atlet Karate yang Sentil Balik Omongan Megawati Soal Sumbangsih Generasi Milenial

Para pemimpin bisnis harus melihat generasi milenium karena sifat-sifat kepribadian mereka - pengubah permainan yang sangat bersemangat, termotivasi dan cerdas teknologi - dan para pemimpin sejati akan bangkit menghadapi tantangan. 

Setiap karyawan ini memiliki gaya kerja yang berbeda, berkomunikasi secara berbeda dan menghargai hal-hal yang berbeda dari baby boomer dan generasi sebelumnya.

Viral Lagi Video Megawati Remehkan Sumbangsih Generasi Milenial pada Negara, Disentil Atlet Karate

Jika tidak dapat belajar berkomunikasi dan terhubung dengan tenaga kerja milenial Anda, Anda kehilangan banyak talenta yang berpikir di luar kebiasaan. 

Untuk menarik, mempertahankan, dan memanfaatkan talenta mereka, manajer dan pemimpin bisnis harus mampu memahami generasi ini dan menyesuaikan gaya manajemen serta lingkungan kerja mereka.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dipelajari dari generasi milenial tentang komunikasi di tempat kerja yang efektif, dilansir dari Times of India.

Generasi digital

Kerja remote berbasis digital di masa adaptasi kebiasaan baru

Millenial menganggap teknologi modern sebagai salah satu aspek terpenting dari tempat kerja, lebih banyak daripada fasilitas lain seperti makanan dan minuman atau meja kantor yang indah.

Teknologi komunikasi modern adalah kebutuhan kantor modern. Platform perpesanan, alat konferensi video, dan lainnya, membantu karyawan untuk terhubung antar departemen, fasilitas, dan bahkan komunikasi antara negara terutama saat bekerja dari jarak jauh. 

Untuk berkomunikasi secara efisien dengan kolega milenium Anda, Anda harus bertemu dengan mereka di mana 'mereka' berada.

Namun, penting untuk dicatat bahwa beberapa survei telah menyarankan bahwa email (meskipun perannya lama dalam komunikasi bisnis) sedang dalam perjalanan keluar sebagai alat komunikasi utama. Banyak milenium sekarang menganggapnya sebagai alat komunikasi yang lambat dan ketinggalan zaman.

Banyak karyawan yang mengakui fakta bahwa mereka terkadang cenderung mengabaikan email dari atasan mereka. Sebaliknya, jangkau karyawan milenial Anda melalui saluran komunikasi real-time berbasis aplikasi.

Komunikasi tatap muka juga merupakan prioritas!

Bertentangan dengan apa yang dikatakan dan diyakini banyak orang, berkirim pesan bukanlah metode komunikasi yang disukai banyak orang. Meskipun mereka menilai teknologi komunikasi sebagai salah satu aspek terpenting dari tempat kerja yang produktif, lebih dari setengah milenium lebih memilih untuk berkomunikasi secara tatap muka juga.

Ini mungkin terlihat seperti dua poin yang saling bertentangan, tetapi sebenarnya, mereka menekankan kebutuhan generasi milenium untuk fleksibilitas di tempat kerja. Pada akhirnya, tidak ada alat komunikasi di tempat kerja. 

Dengan menawarkan beberapa saluran komunikasi dan memeringkatnya berdasarkan pada jenis dan urgensi percakapan, Anda dapat menemukan keseimbangan yang tepat antara revolusi digital dan menjaga hubungan pribadi dengan rekan kerja.

Kolaborasi

Sebut mereka "Generasi Saya", tetapi milenium sebenarnya lebih suka bekerja dalam tim. Generasi yang terhubung secara universal ini telah mengalami kesuksesan, inovasi, dan kekuatan yang datang dari berkolaborasi secara efektif dengan kolega dan sejawat, dan mereka tidak siap untuk membiarkannya begitu saja.

Berikan karyawan milenium Anda dengan alat dan sumber daya yang tepat yang mereka butuhkan untuk terhubung satu sama lain dan berkolaborasi secara lebih efisien. 
Sistem perpesanan tim memungkinkan karyawan untuk mengatur saluran kolaborasi dengan semua pemangku kepentingan yang terlibat, integrasi berbagi file, dan alat konferensi video berarti bahwa karyawan dapat berkolaborasi satu sama lain kapan pun, di mana pun.

Komunikasi visual sangat penting

Generasi milenial.

Lebih dari 64 persen milenium mengatakan lebih mudah untuk memahami dan menyimpan informasi visual daripada jenis komunikasi lainnya - yang merupakan fakta karena komunikasi visual bekerja lebih baik untuk hampir semua orang.  Orang-orang cenderung mengingat kembali sekitar 80 persen dari apa yang mereka lihat dan lakukan.

Untuk memfasilitasi komunikasi yang lebih baik dengan dan di antara semua karyawan Anda, coba gunakan metode komunikasi visual seperti tutorial PPT, gambar atau grafik. 
Hal ini dapat dengan mudah dibagikan melalui konferensi video atau alat olahpesan.

Intinya adalah bahwa stereotip tentang milenium tidak berlaku. Ini adalah generasi profesional yang sangat termotivasi, sangat berbakat, dan berpikiran global.

Transparansi adalah kunci

Mempertahankan saluran komunikasi terbuka di antara kolega, manajer dan eksekutif adalah faktor kunci dalam meningkatkan keterlibatan karyawan.

Bangun kepercayaan itu di antara para pekerja milenium Anda dengan menjaga mereka tetap di dalam lingkaran tentang pembaruan perusahaan, melakukan tinjauan kinerja secara teratur dan mendorong budaya komunikasi terbuka. 

Praktik ini tidak hanya akan meningkatkan kepuasan kerja dan bersama dengan retensi di antara karyawan milenial, tetapi juga memperkuat produktivitas dan kreativitas tim Anda. Untungnya, transparansi dipermudah dengan saluran komunikasi yang dapat diakses, kemampuan berbagi dokumen dan repositori informasi terpusat.

Dengan menawarkan berbagai pilihan komunikasi kepada tim milenium Anda, Anda dapat membantu mengembangkan lebih banyak percakapan terbuka, kolaborasi yang lebih produktif, karyawan yang lebih puas dan pada akhirnya dan pasti, perusahaan yang lebih sukses.

Pada titik ini, milenium merupakan mayoritas dari tenaga kerja, tetapi seiring Gen Z tumbuh, kebutuhan komunikasi karyawan Anda kemungkinan akan berubah lagi.

Kemampuan beradaptasi adalah kunci, dan cara terbaik untuk tetap fleksibel dalam komunikasi di tempat kerja adalah dengan menyediakan tim Anda, opsi komunikasi yang memenuhi kebutuhan mereka yang terus berkembang. 

Dengan cara ini, semua karyawan - terlepas dari usia mereka - dapat berkomunikasi dan berkolaborasi secara lebih efisien dan efektif!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya