Viral, Video Pesut Mahakam Muncul di Kalimantan

Pesut (irrawaddy dolphin)
Sumber :
  • ykrasi.110mb.com

VIVA – Pesut Mahakam sempat ramai diperbincangkan warganet di Twitter. Pesut Mahakam ini ramai diperbincangkan usai salah satu netizen @BahariBpp mengunggah sebuah video yang memperlihatkan Pesut Mahakam tersebut pada 20 Juli kemarin.

Wujudkan SDGs, Pertamina Lestarikan Pesut Mahakam Melalui Program Konservasi Endemik

Berdasarkan keterangan akun tersebut Pesut Mahakam itu diketahui berenang di sunagi di sekitar Kecamatan Muara Kaman, Kabupaten Kutai Kartanegara. Dari video itu terlihat ada sekitar dua hingga tiga ekor Pesut Mahakam yang berenang ke sana dan ke sini. Unggahan video Pesut Mahakam itu menuai banyak komentar dari netizen. 

"Woow, indahnyaaa.... Semoga makin lestari hidup mereka," komentar netizen.

Jokowi Perkirakan Pembangunan IKN Nusantara Selesai 15-20 Tahun

"Kok gemes sih mereka senyum begitu, moga bahagia selalu ya sut.. jan punah ntar cucu gw ga kenal lu," ujar netizen lain.

"keren, masih banyak ternyata hewan" yg blm saya tau di indo, semoga bisa dilestarikan oleh penduduk lokal," komentar netizen lain.

Ridwan Kamil: IKN Jadi Kesempatan Bangun Kota Terbaik Dunia

"Bener ,,memang belakangan ada 2 ekor pesut yg keliaran di sekitar samarinda.. Upaya pelestarian sdh dilakukan,warga pedalaman juga sdh paham...sayang banyak habitat mrk di hulu rusak....," komentar netizen.

Dilansir dari laman Indonesia.go.id, Pesut Mahakam ini diketahui tengah berada diambang kepunahan. Data tahun 2019 mencatat mamalia ini hanya tersisa 80 ekor saja. Diketahui Pesut Mahakam ini hidup di Kalimantan Timur dan Kalimantan Barat.

Word Wild Fund (WWF) menyebut Pesut Mahakam sebagai Irrawaddy dolphin ini memiliki tubuh tegap, lurus dan bulat. Pesut Mahakam ini memiliki bentuk kepala yang membulat dan memiliki hidung yang membedakannya dengan lumba-lumba yang bermoncong panjang.

Baca juga: Achmad Yurianto Lepas Jabatan Jubir COVID-19, Ini Kesibukan Barunya

Menurut Animal Diversity, pesut Mahakam memiliki panjang 1,5 sampai 2,8 meter dan berat 114 sampai 135 kilogram. Pesut Mahakam ini diketahui mampu hidup antara 28 hingga 30 tahun.

Selain di Kaltim dan di Kalbar sebenarnya pesut juga hidup di Jawa atau yang dikenal dengan pesut Jawa, sayangnya pesut Jawa ini sudah lama punah akibat habitat mereka terganggu. Pesut Mahakam memiliki nama latin Orcaella brevirostis. Pesut Mahakam yang merupakan mamalia air (bukan ikan) yang hidup di sungai air tawar daerah tropis ini hidup dengan cara berkelompok (6 sampai 9 ekor).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya