7 Langkah Raup Keuntungan dari Media Sosial

Ilustrasi media sosial.
Sumber :
  • Freepik/rawpixel.com

VIVA – Saat ini media sosial untuk berbagi video singkat yang kreatif tengah digandrungi masyarakat. Tak hanya untuk berbagi video, bila bisa memanfaatkannya dengan baik, bukan tidak mungkin kita juga bisa meraup keuntungan dari sana.

Kemenkominfo Menggelar Nobar Webinar "Mengenal Literasi Digital Sejak Dini"

Dikutip laman India Today, berikut ini 7 langkah yang bisa diikuti untuk memanfaatkan media sosial berbagi video untuk mendapatkan keuntungan.

Profil

Ketua DPD PSI Jakbar Mundur, DPW PSI Jakarta: Kami Tidak Mentolerir Kekerasan Seksual

Buatlah profil yang unik. Pikirkan bagaimana membuat konten yang disukai orang dan terus disukai. Motto kamu adalah membuat akun yang bisa meningkatkan sebanyak-banyaknya followers.

Lagu dan konsep

5 Cara Detoks Pikiran untuk Mencegah Stres Makin Parah, Salah Satunya Meditasi

Kamu harus memilih lagu atau konsep yang trending di internet. Kamu bisa menelusuri beberapa platform media sosial untuk memahami mood dari audiens.

Baca juga: Mengenaskan, Kura-kura Berubah Jadi Tengkorak Selama Lockdown di Wuhan

Tautkan ke media sosial lain

Kamu bisa menautkan ke akun Youtube atau Instagram. Ini akan memudahkan audiens kamu menemukan videomu di aplikasi.

Pastikan menjangkau audiens yang besar

Jika kamu berhasil melakukannya, jumlah views dan engagement kamu akan terus meningkat dan mendorong traffic pencarian organik kamu.

Tambahkan tagar

Sama seperti di Twitter dan Instagram, tambahkan tagar atau hashtag yang berkaitan dengan unggahan kamu untuk meningkatkan visibilitas kontenmu.

Tawarkan profil ke brand

Jika kamu sudah mendapatkan jumlah followers yang cukup baik di profilmu, kamu bisa mendekati brand dengan menunjukkan produk mereka di videomu. Biasanya, brand menawarkan uang kepada influencers untuk promosi mereka.

Minta bantuan influencer lain

Kamu bisa meminta selebriti atau influencer lain untuk video kamu. Ini akan membantu meningkatkan perhatian orang ke kontenmu.

Namun, tanpa perlu bersusah payah menggaet follower dan mempromosikan secara gencar, tiga orang beruntung ini membawa pulang hadiah karena video buatan mereka.

Melalui program kegiatan Panen Kemerdekaan selama Agustus 2020, Snack Video berbagi kebahagiaan melalui lomba online yang bisa diikuti oleh semua pengguna. Pengguna yang berhasil membuat konten paling menarik mendapat apresiasi berupa hadiah motor Yamaha Lexi VVA dan hadiah menarik lainnya.

Mereka adalah Andi, Usman dan Zazanan. Andi adalah seorang pekerja konstruksi baja yang berhasil membawa pulang hadiah motor. Sementara Usman bekerja sebagai seorang security perumahan yang mendapat hadiah sama. Ia mengaku senang mengunggah video dengan konten komedi.

Sedangan Zazanan, seorang pengrajin dari Surabaya, menganggap aplikasi ini seperti menulis buku harian yang hidup dan menarik.

Head of Global Operations Snack Video, Yumi mengatakan, program yang dilakukannya bertujuan untuk membantu masyarakat di tengah masa pandemi.

"Snack Video bertujuan untuk menjadikan platformnya panggung bintang bagi semua penggunanya tanpa terbatas usia, pekerjaan, dan gender," ujarnya dalam keterangan tertulis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya