7 Tips Mudah Lancar Berbisnis Online

Bisnis Online (Image: chartattack.com)
Sumber :
  • vstory

VIVA – Bisnis online saat ini tengah menjadi populer di kalangan masyarakat. Hanya bermodal website hingga koneksi internet Anda dapat berjualan dan menghasilkan keuntungan. 

Kemenkominfo Menggelar Nobar Webinar "Mengenal Literasi Digital Sejak Dini"

Namun, meski terlihat mudah ternyata menjalankan bisnis online tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Jika kamu tengah mencoba menjalani bisnis online ada baiknya kamu menjalankan sejumlah tips berikut ini agar bisnis online berjalan lancar.

Kemenkominfo Mengadakan Nonton Bareng Webinar "Mengenal Literasi Digital Sejak Dini"

Berikut ini 7 tips menjalankan binsis online seperti dilansir dari laman Entepreneur:

1. Atur Aset Web Anda
Mengatur aset web adalah segalanya mulai dari situs web Anda hingga profil media sosial hingga akun hosting perlu diatur. Semua aset yang relevan harus dioptimalkan untuk merek Anda.

Kemenkominfo Menyelenggarakan Webinar "Waspada Rekam Jejak Digital di Internet"

Misalnya, media sosial dan halaman web harus memiliki kata kunci yang relevan. Ini harus masuk ke dalam rencana pemasaran terintegrasi, dan harus benar-benar diperbarui dengan informasi terbaru tentang perusahaan Anda.

2. Menjaga Catatan Pelanggan Dengan Aman
Satu masalah yang dimiliki pemilik bisnis adalah mereka harus dapat menyimpan catatan dengan aman. Anda memiliki kewajiban hukum untuk melindungi informasi pelanggan yang diperoleh secara online.

Misalnya, Anda harus menyimpan informasi di perangkat terpisah dan memiliki sejumlah data cadangan yang aman.

Selain itu, sistem informasi harus terus diperbarui dan kontrol harus diterapkan serta akses harus dibatasi hanya untuk karyawan tertentu.

Anda harus memiliki sistem untuk menghancurkan hal-hal seperti detail kartu kredit dengan aman saat tidak lagi diperlukan.

3. Mengetahui Pesaing
Bisnis apa pun yang baik akan mengetahui pesaingnya. Anda perlu tahu dengan siapa Anda bersaing sehingga Anda tahu mengapa pelanggan memilih Anda daripada orang lain, atau sebaliknya.

Baca juga: Jualan Online Bisa Untung Asal Tahu Triknya

Anda harus mengetahui media sosial yang digunakan pesaing Anda. Dan Anda harus memeriksa penggunaan kata kunci dari semua pesaing menggunakan berbagai alat yang disediakan Google agar dapat mengetahui apa yang sedang trendi di kalangan konsumen.

4. Lindungi Reputasi Online Brand Anda
Bisnis online adalah tentang reputasi. Kesalahan sekecil apa pun dapat memengaruhi brand Anda selamanya.

Untuk itu, Anda bisa gunakan pemberitahuan Google Alerts untuk brand Anda. Dengan begitu, Anda akan dapat memeriksa setiap penyebutan brand Anda.

Selain itu, penting untuk belajar menangani keluhan pelanggan dan mengadopsi pola pikir untuk memecahkan masalah, bahkan jika pelanggan salah.

5. Selalu Up to Date
Dunia online adalah dunia yang terus berubah dan berkembang. Bisnis online berkembang lebih cepat dari apa pun yang Anda lihat di dunia nyata.

Jadi Anda harus menjadi yang teratas sehingga dapat menjadi yang terdepan dalam pemasaran dan imej branding online Anda.

6. Bersikap Gigih
Beberapa bisnis menjadi kisah sukses dalam semalam. Ini adalah sesuatu yang harus Anda terima jika Anda ingin memasuki dunia bisnis.

Kegigihan pada akhirnya akan terbayar jika Anda terus melakukan semua hal yang benar. Anda harus konsisten dan tetap fokus pada tujuan Anda.

7. Ketahui Kapan Harus Berhenti
Terkadang sebuah ide akan gagal. Tantangan terbesar bagi seorang wirausahawan adalah mengetahui kapan sebuah ide gagal.

Tidak ada gunanya mencoba menghidupkan kembali ide mati tersebut.  Jadi jangan takut untuk mengubah arah jika perlu.

Kesimpulan
Menjalankan bisnis secara inheren berisiko.  Meluangkan waktu untuk belajar dan berkembang adalah salah satu investasi terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya