5 Jenis Ikan Cupang Tercantik di Dunia Salah Satunya Lahir di Slipi

Ikan cupang
Sumber :
  • Freepik/jcomp

VIVA – Sejak pandemi COVID-19 melanda Indonesia, banyak hobi baru bermunculan, salah satunya memelihara ikan cupang. Ikan mungil ini terkenal dengan warna dan kecantikannya, karenanya banyak orang yang jatuh hati.

Keuskupan Agung Jakarta Sebut Paus Fransiskus Akan Kunjungi Indonesia September 2024

Dari berbagai jenis ikan cupang ada yang populer. Setidaknya ada lima jenis ikan cupang yang memiliki perawakan cantik. Berikut ini lima jenis ikan cupang yang menawan seperti dikutip dari laman YouTube Arsipedia Id. Kayak apa sih cantiknya? Yuk simak artikelnya.

Ikan cupang.

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir

Baca Juga: Asli Indonesia, 4 Jenis Ikan Cupang Ini Paling Diburu Kolektor Dunia

1. Ikan cupang Giant

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Cupang Giant

Ikan cupang giant terbilang cukup agresif. Ikan ini banyak ditemukan di sungai-sungai di Thailand. Sesuai dengan namanya, ukuran ikan cupang ini juga lebih besar dibanding ikan cupang lainnya yakni bisa mencapai 12 cm. Cupang ini diketahui merupakan hasil perkawinan cupang biasa dengan cupang alam. Cupang raksasa ini dikembangkan dari cupang plakat dengan cupang lainnya. Saat ini terdapat berbagai jenis ikan cupang giant mulai dari Halfmoon giant, double tail giant dan crown tail giant. Kisaran harga ikan cupang jenis ini mulai dari Rp25 ribu hingga Rp90 ribu.

2. Ikan cupang Plakat

Cupang Plakat

Nama ikan cupang plakat ini berasal dari Thailand yang berarti tarung atau laga. Sesuai namanya ikan cupang jenis ini biasanya digunakan sebagai cupang aduan. Thailand diketahui memang memiliki kebiasaan mengadu ikan cupang yang melegenda.

Untuk sirip ikan cupang jenis ini juga cukup unik karena, siripnya yang pendek dan tidak menjuntai seperti halfmoon. Karena pendek, membuat ikan cupang ini terkesan kokoh dan kekar. Gerakan ikan cupang ini juga berbeda dari lainnya, gerakan ikan cupang ini justru terlihat sangat. Untuk harganya, ikan cupang plakat dijual seharga Rp200 ribu. 

3. Ikan cupang Double tail atau ekor ganda

Cupang Double Tale

Ikan cupang double tail ini diketahui banyak peminatnya namun jarang keberadaanya. Jadi tidak heran jika ikan cupang ini sangat mahal yakni sekitar Rp 100 ribu. Ikan ini memiliki keunikan dari siripnya yang bercabang atau ganda. Sirip yang bercabang ini lantaran hasil perkawinan silang antar indukan cupang. 

4. Ikan cupang Crown Tail atau serit

Cupang Serit

Ikan cupang serit ini diketahui dilahirkan di wilayah Slipi Jakarta. Ikan cupang jenis ini mendunia karena variasi keindahannya. Ikan ini disebut crown tail karena bila dibalik menghadap ke atas sirip-sirip pada ekornya terlihat seperti mahkota raja. Ikan cupang jenis ini diketahui memiliki beragam jenis mulai dari sirip tunggal, dimana dalam tiap sirip memiliki tunggal dan ada juga sirip ganda. Keindahan ikan cupang serit ini sudah diakui dan dipertangkan di IBC. Kisaran ikan cupang ini mulai dari Rp 15 ribu hingga Rp 300 ribu.

5. Ikan cupang  Half moon atau setengah bulan

Cupang Halfmoon

Jenis cupang ini pertama kali dibudidaya di Amerika Serikat oleh Peter tahun 1982. Seperti namanya, ikan cupang jenis ini memiliki ekor dan sirip seolah menyatu membentuk setengah lingkaran. Bila dilihat dari samping sirip ikan cupang half moon ini seperti bulan setengah. Ikan cupang ini dipelihara karena keindahannya. Ikan half moon ini memiliki warna beragam mulai dari merah menyala, kuning dan lainnya. Kisaran harga ikan ini Rp 40 ribu hingga Rp500 ribu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya