Uang Rp3,3 Juta Dihabiskan untuk Operasi Ikan Mas

Ikan berusia 20 tahun di operasi
Sumber :
  • Facebook/tollbarnvet

VIVA.co.id – Sebuah keluarga di Inggris memelihara seekor ikan mas yang berusia 20 tahun, lebih tua dibandingkan anak-anak pemiliknya. Sang pemilik melihat ada yang tidak normal terhadap ikan tersebut. 

8 Jenis Ikan Koi Populer yang Digemari Pecinta Ikan Hias

Ada benjolan di badannya, yang ternyata tumor. Untuk menyelamatkan ikan tersebut, dia dibawa ke dokter hewan terkenal Dr Faye Bethell untuk melakukan operasi pengambilan tumor ada ikan.

Operasi pembedahan yang dilakukan oleh dokter ini, membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mengangkat tumor tersebut, dan membutuhkan biaya yang setara Rp3,3 juta.

Dialami Ifan Seventeen, Kenali Gejala Dini Tumor di Kepala

"Opsi itu untuk menghapuskan benjolan atau menidurkannya, dan sekarang ikan tersebut sudah bisa beraktivitas kembali," kata Dr Bethell.

"Sang pemilik, Bob benar-benar senang karena ikan tersebut berusia lebih tua dari anak-anaknya dan ikan tersebut dianggap bagian dari keluarga," ucap Dr Bethell, seperti dilansir Bored Panda.

5 Resep Ikan Pesmol, Mudah dan Rasanya Dijamin Nikmat

Dalam operasi pembedahan untuk mengambil tumor tersebut, sang dokter menggunakan alat pantau denyut jantung berbentuk miniatur, anestesi makanan ikan, dan operasi dengan peralatan bedah mikro. 

"Ini cukup rumit karena semuanya begitu kecil," kata dokter ikan tersebut. "Ini adalah ikan tertua yang pernah kami operasi. Bob sekarang kembali ke rumah dan menikmati berenang dengan benar untuk pertama kalinya dalam beberapa minggu."

Selain itu, sang dokter juga mengatakan, "benar-benar bagus ketika melihat pemilik hewan peliharaan ingin menyelamatkannya dan saya sangat tersanjung bisa membantunya." (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya