Empat Jenis Karakter Ini Tentukan Kesuksesan di Dunia Kerja

Ilustrasi bekerja
Sumber :
  • pixabay/skeeze

VIVA.co.id – Tiap orang tentunya memiliki kepribadian diri yang berbeda-beda. Kepribadian seseorang bisa memengaruhi banyak hal, terutama di dunia kerja.

Kerap Dijodohkan Sama Ariel NOAH, Dina Lorenza: Dia Baik, Perfeksionis

Menurut studi Harvard Business Review, para peneliti menganalisa tugas yang diberikan pada lebih dari 190 ribu orang dan telah diobservasi pada lebih dari tiga ribu sesi dalam menentukan perbedaan dari tiap karakter. Studi tersebut akhirnya menemukan, ada empat karakter dalam diri seseorang yang berkaitan dengan dunia kerjanya. Berikut empat kepribadian tersebut, dilansir dari laman Glamour.

1. Pionir

Rahasia Sukses di Tengah Ketidakpastian: Ramalan Zodiak Karier 6 Februari 2024

Tipe: ramah, fokus pada gambar besar, spontan, berani ambil risiko, mudah adaptasi, imaginatif.

Tipe ini sering menjadi pilihan sebagai pemimpin. Memiliki mimpi yang besar serta sikap ramah, membuatnya mampu memimpin proyek. Sayangnya, tipe ini cenderung memiliki kepercayaan diri berlebihan yang membuatnya sulit mendengarkan opini dari perspektif orang lain.

Ramalan Zodiak Jumat 12 Januari 2024, Gemini: Pasangan Kamu Butuh Perhatian Ekstra

2. Pengendara

Tipe: kuantiti, logis, fokus, kompetetif, eksperimental, keingintahuan besar.

Individu ini sangat perhitungan dengan nilai sebuah data. Tipe driver cenderung jarang memikirkan risiko terburuk pada sebuah rencana dan cenderung tidak sabar untuk segera mengeksekusi tugas tersebut.

3. Integrator

Tipe: diplomatis, empati, tradisional, menjalin relasi, memiliki motivasi, tidak konfrontal.

Seorang integrator selalu berdasarkan pada orang di sekitarnya. Mereka percaya, membangun moral di dunia kerja adalah hal terpenting serta menjalin relasi kuat dengan rekannya untuk menyukseskan proyeknya. Ada kemungkinan mereka tidak suka berdebat, dan ia bisa berperan sebagai mediator saat berargumentasi dengan rekannya. Tipe ini cenderung sering menjadi sasaran pionir dan pengendara dalam mengerjakan proyek.

4. Penjaga

Tipe: methodical, sangat detail, praktis, struktural, loyal

Ini adalah tipe perfeksionis, sehingga tipe ini yang paling sering mengalami stres. Mereka melakukan perencanaan secara detail sebelum mencoba melakukannya dan tidak akan mengatakan apa pun sebelum yakin. Individu dengan kepribadian ini, harus diingatkan bahwa pendapatnya patut untuk didengarkan oleh orang lain. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya