Jadi Bos Sampah, Bocah 7 Tahun Hasilkan Rp130 Juta

Ryan Hickman, Bos sampah berusia 7 tahun asal California
Sumber :
  • Instagram/ @abc7la

VIVA.co.id – Siapa sangka benda yang dibuang dan cenderung dilupakan seperti sampah, ternyata mampu menjadi sumber berkah. Ryan Hickman seorang anak berusia tujuh tahun, telah berhasil mengumpulkan uang sebanyak Rp130 juta dari bisnisnya mendaur ulang sampah.

Kisah Mualaf Ibu dari Crazy Rich Surabaya Gegara Melihat Orang Islam Lakukan Ini

Penghasilan dari bisnis yang telah ia rintis sejak usia tiga tahun ini, digunakannya untuk sebagai persiapannya memasuki perguruan tinggi.

Awalnya, Ryan dari Orange County, California, dibawa berkunjung ke tempat daur ulang sampah oleh sang ayah. Ia terlihat senang dan sangat menyukainya.

Kisah Inspiratif Cristiano Ronaldo dari Masa Kecil yang Sulit Menuju Puncak Kejayaan

"Hari itu, Sabtu. Saya ingat waktu itu istri sedang ada keperluan di rumah, dan saya terpaksa membawa Ryan untuk ikut dengan saya," ujar Damion Hickman dilansir dari laman ABC News.

Ia melanjutkan, setelah pulang dari tempat daur ulang, Ryan sering berbicara tentang masalah lingkungan kepada teman-temannya di pre school.

Hebat, Sosok Mazhab Fiqih Ini Bisa Khatam Al-Quran Hingga 60 Kali Selama Ramadhan

Tidak lama setelah itu, Ryan mengatakan pada ayahnya bahwa ia ingin memulai usahanya tersebut.

Sementara ayahnya sedang bekerja, Ryan dan ibunya, Andrea Hickman, berkeliling dan mengetuk rumah-rumah di lingkungan mereka untuk mengumpulkan dan memilih sampah terutama jenis plastik, botol, dan kaleng.

Sekarang pada usianya yang menginjak tujuh tahun, dan bisnisnya telah berkembang setelah berjalan sekitar lima tahun. Kini Ryan tidak hanya mengumpulkan dari rumah ke rumah, namun telah mengembangkan wilayahnya hingga mencakup hampir lima lingkungan, salah satunya lapangan golf dan beberapa bisnis lokal.

Penduduk setempat menaruh sampah daur ulang mereka di depan rumah, kemudian mereka atau Ryan dan keluarganya yang menjemputnya.

The Hickmans, yang dipimpin oleh Ryan, telah menjadi pusat daur ulang lokal di kota tersebut dan Ryan berhasil menyisihkan uang tadi dari kumpulan botol plastik. Hal ini pun yang membuat Ryan mendapatkan penghargaan konservasi lingkungan dari dewan kota California, San Juan Capistrano.

Ryan kini juga mulai menjual kaus di sebuah website yang dirancang oleh Hickman, seorang desainer grafis. Semua hasil dari penjualan T-shirt disumbangkan ke Pacific Marine Mammal Center di Laguna Beach. Ryan sejauh ini telah menyumbangkan sekitar US$1.500 untuk Pacific Marine Mammal Center atau sekitar Rp20 Juta.

"Kami sangat beruntung memiliki Ryan terlibat dengan The Pacific Marine Mammal Center dan cintanya untuk mamalia laut, kami sangat bangga dengan prestasinya. Di usia mudanya ia sadar akan masalah lingkungan, di tambah dengan energi dan semangatnya memberikan inspirasi sekaligus harapan bagi kita di masa depan," ujar Michele Hunter, Direktur The Pacific Marine Mammal Center.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya