KFC Tak Lagi Sediakan Dispenser Sedotan, Kenapa?

Lambang KFC
Sumber :
  • REUTERS/Tim Wimborne

VIVA.co.id – Bertepatan dengan perayaan Hari Terumbu Karang Internasional pada 8 Mei, KFC Indonesia mencanangkan pengurangan penggunaan sedotan plastik sekali pakai melalui gerakan #Nostrawmovement. Hal ini dilakukan sebagai bentuk komitmen kepedulian terhadap lingkungan.

Karyawan Kafe Olivier Lihat Sedotan yang Masih Terbungkus Tiba-tiba Ada di Gelas Mirna

Hendra Yuniarto, General Manager Marketing PT Fast Food Indonesia (KFC Indonesia), mengatakan,  gerakan ini mengajak masyarakat untuk turut peduli pada keselamatan laut dan kehidupannya. Bentuk nyatanya, dengan menolak sedotan plastik sekali pakai saat memesan minuman di restoran atau di mana pun mereka menikmati minuman.

”Sedotan merupakan penyumbang sampah laut terbesar kelima di dunia. Melihat fakta tersebut, kami tergerak untuk mengajak masyarakat untuk menolak sedotan plastik sekali pakai saat memesan minuman di restoran kami maupun di luar karena faktanya sedotan tidak dapat didaur ulang dan sebagian besar sampah sedotan hanya akan berakhir di pembuangan atau laut," katanya saat konferensi pers #NoStrawMovement KFC Indonesia, di KFC Kemang, Jakarta Selatan, Selasa, 9 Mei 2017.

Diklaim Ramah Lingkungan, Sedotan Kertas Ditemukan Mengandung Bahan Kimia

Untuk mendukung gerakan ini, gerai-gerai KFC tidak menyediakan dispenser sedotan. Sementara itu bagi konsumen yang memang membutuhkan sedotan dapat meminta kepada kasir.

Selain itu, bersama dengan Divers Clean Action, organisasi penyelam muda yang peduli terhadap masalah pencemaran dan sampah laut yang mempunyai misi mengurangi sampah di perairan Indonesia, gerakan #Nostrawmovement juga akan melakukan aksi membersihkan sampah di bawah laut dan pantai.

Tips Awet Muda Wulan Guritno, Ubah Kebiasaan Sepele dalam Aktivitas Keseharian

Hal ini rencananya dilakukan di Pulau Pramuka Kepulauan Seribu sebagai lokasi bermuaranya sampah yang berasal dari Jakarta dan Kepulauan Seribu.

Untuk itu, dia mengajak masyarakat Indonesia untuk mengurangi penggunaan bahan plastik sekali pakai. Ini demi menyelamatkan laut dan kehidupan di dalamnya.

Rekaman CCTV saat Mirna pingsan minum kopi bersianida.

Terpopuler: Alasan Arhan Diterima Jadi Mantu sampai Teka-teki Hilangnya Sedotan Kopi Sianida

Round-up dari kanal Showbiz pada Rabu, 11 Oktober 2023. Salah satunya tentang misteri hilangnya sedotan kopi sianida yang berkaitan dengan kasus Jessica Wongso.

img_title
VIVA.co.id
12 Oktober 2023