Es Krim Ini Terbuat dari Limbah, Berani Coba?

Ilustrasi es krim
Sumber :
  • Youtube

VIVA.co.id – Jika dilihat sepintas, es krim ini akan terlihat seperti camilan fancy yang berasal dari sebuah toko es krim cantik, atau food truck keren. Namun, tidak demikian adanya. Sebab, es krim yang satu ini terbuat dari air yang sudah tercemar di Taiwan, dan segigit saja akan membuat Anda sakit.

Viral Sungai Cileungsi Hitam Pekat Menyengat Mengeluarkan Busa

Dikutip dari laman Bored Panda, Selasa 13 Juni 2017, es krim ini dibuat oleh tiga mahasiswa, Hung I-chen, Guo Yi-hui dan Cheng Yu-ti, untuk sebuah project yang diberi nama Polluted Water Popsicles. Project ini dibuat untuk meningkatkan kesadaran orang banyak mengenai peningkatan ketercemaran air akibat pertumbuhan ekonomi dan urbanisasi. 

Air yang digunakan untuk membuat es tersebut berasal dari 100 sumber air berbeda di Taiwan. Ketiga mahasiswa National Taiwan University of Arts tersebut memanfaatkan resin polyester transparan untuk membekukan es tersebut. 

RESEP: Frozen Yoghurt Bites untuk Anak yang Susah Makan Buah

Tak tanggung-tangung, mereka juga mendesain kemasan untuk setiap es yang merepresentasikan daerah asal air yang digunakan. 

Dari foto yang dimuat di laman Bored Panda, setiap es juga mengandung polutan kasat mata seperti plastik, tutup botol, pembungkus sumpit atau sekedar kotoran yang dikandung air tersebut. Warna es ini pun bervariasi dan terlihat sangat cantik. Benar-benar cara pandang yang unik, bukan? (asp)

Komisi VII: Penanganan Limbah Harus Diselesaikan Lebih Serius
Kepala BNPB Doni Monardo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat pantau banjir, 1 Januari 2020.

BNPB Sebut Sungai-sungai di Jawa Jadi Pembuangan Sampah Raksasa

Limbah dari pabrik dibuang ke sungai tanpa melalui proses pengolahan.

img_title
VIVA.co.id
20 Oktober 2020