Tips Agar Dompet Tak Jebol saat Belanja Kebutuhan Lebaran

Ilustrasi belanja di mal
Sumber :
  • Pexels/freestocks.org

VIVA.co.id – Mendekati Hari Raya Idul Fitri, pengularan untuk segala kepentingan hari raya cenderung membengkak. Dengan maraknya tawaran diskon murah banyak yang kemudian tidak sadar telah membelanjakan uang yang tidak sedikit, bahkan hingga harus merogoh tabungan. 

Gudang Penyimpanan Paket di Cengkareng Kebakaran, Lazada Klaim Pengiriman Tak Terganggu

Tapi bukan berarti Anda tidak bisa mengontrol pengeluaran untuk keperluan lebaran. Ada beberapa cara agar pengeluaran tidak jebol saat belanja lebaran. Seperti dilansir dari Bustle, seorang penasihat keuangan dari Merrill Lynch, Mary McDougall, memberikan beberapa saran agar anggaran tidak jebol saat berbelanja

1 Buat daftar belanja.

Destinasi Baru, Tempat Berbelanja Ini Bisa Bermain dan Berkarya Bersama

Ketika belanja banyak orang bahkan tidak menyadari bahwa mereka mengeluarkan uang terlalu banyak. Itulah sebabnya, kata dia,  membuat anggaran dan mengetahui apa yang Anda habiskan harus menjadi prioritas utama.

"Untuk mendapatkan kebiasaan mengelola berapa banyak yang benar-benar dihabiskan, satu triknya bisa dengan menggunakan sistem amplop, di mana Anda mengisi amplop yang berbeda dengan uang tunai pada saat Anda dibayar," ujar Mary.

Bobby Nasution Traktir Anak-anak Yatim dan Dhuafa Beli Baju Lebaran

2. Gunakan uang tunai

Jangan pernah menggunakan kartu kredit saat berbelanja, kecuali untuk keperluan yang mendesam.  Tindakan menarik uang secara fisik dan menggunakan uang itu justru akan membuat Anda semakin menghargai uang.  Dengan demikian akan lebih mudah mengontrol dan melacak kemana uang Anda habis.  

3. Tetap pada daftar belanja

Sebelum pergi belanja kebutuhan  lebaran pastikan telah membuat daftar barang yang ingin dibeli. Anda harus bersikap tegas terhadap diri sendiri dan hanya membeli barang yang Anda butuhkan, yang tertulis di daftar Anda. Dengan mengikuti daftar kebutuhan ini, Anda akan lebih bisa mengontrol pengeluaran.  

4. Belajarlah untuk lebih sadar

McDougall merekomendasikan menetapkan tujuan dan mendokumentasikan pengeluaran Anda untuk mengekang pengeluaran Anda. 

 "Sangat penting bahwa Anda menetapkan sasaran untuk diri sendiri dan menindaklanjuti untuk memastikan berhasil memenuhinha. Misalnya, katakan pada diri sendiri bahwa Anda akan menuliskan semua yang Anda habiskan karena dibelanjakan, jadi Anda mulai menyadari kebiasaan belanja buruk itu," kata dia. 

5 Jangan belanja saat sedang emosi

Membeli barang saat Anda merasa terlalu emosional bukanlah ide bagus karena Anda menggunakan belanja sebagai sarana kepuasan instan. Anda mungkin akan merasa lebih buruk setelah emosi itu hilang. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya