Tips Daur Ulang Mainan Anak Jadi Perabot Unik

Ilustrasi hiasan kamar anak
Sumber :
  • Tesco Living

VIVA.co.id – Salah satu masalah yang dihadapi orangtua adalah tumpukan mainan anak yang bertebaran di segala penjuru ruang. Ketimbang buru-buru membuangnya, sebaiknya lakukan alternatif kreatif untuk mengubah tumpukan mainan tersebut menjadi benda yang layak digunakan kembali.

Lima Konsep Dekorasi Rumah yang Sedang Tren

Dikutip dari laman Tesco Living, beberapa mainan bisa Anda sulap menjadi perabot rumah yang unik. Namun sebelum Anda memulainya, sebaiknya perhatikan dan kategorikan jenis bahan mainan tersebut untuk mengetahui tingkat kekuatan material mainan tersebut. Siap memulai? berikut ini ide unik yang bisa Anda contoh.

Sandaran buku

Tanpa Renov Mahal, 6 Trik Jadikan Rumah Tampil Beda

Punya mainan berbahan dasar plastik dan karet? Anda bisa menjadikannya sandaran buku. Agar lebih kokoh tambahkan balok-balok kayu sebagai pemberat. Cukup tempelkan sebuah mainan plastik tak terpakai pada buku menggunakan lem pada balok kayu, kemudian cat keseluruhan dengan menggunakan cat akrilik. Untuk hasil yang lebih menarik, Anda bisa menggunakan cat dengan warna yang sedikit mencolok.

Cantik, Satu Isi Rumah Ini Terbuat dari Sampah Daur Ulang

Gantungan baju dinosaurus

Jika Anda memiliki mainan karet kecil berupa karakter dinosaurus, bisa Anda daur ulang sebagai gantungan baju. Bisa dengan warna asli atau diwarnai kembali sesuai keinginan, tempelkan pada kayu panjang sesuai ukuran, dan lekatkan dengan lem kayu hingga kuat. Setelah lem kering, kencangkan setiap dinosaurus dengan sekrup.

Tempelkan gantungan tersebut pada dinding atau bagian belakang pintu, untuk menggantung pakaian Anda.

Hiasan terarium

Jika anak-anak mengoleksi lego, atau puluhan prajurit dan boneka mini berbahan plastik, Anda bisa menyelipkan mereka dalam pot bunga atau koleksi tanaman terarium Anda untuk memberi kesan yang menyenangkan untuk anak-anak. Anda tak perlu khawatir karena mainan tersebut cukup aman bagi tanaman dan kuat berada di permukaan tanah lembap di dalam pot yang disiram setiap hari. Nilai lebih yang bisa Anda dapatkan, mungkin anak-anak akan lebih menyukai kegiatan berkebun bersama Anda.

Bingkai

Bayangkan sebuah pajangan dan bingkai foto yang berhias mainan anak-anak. Tanpa harus memainkan mainan itu, anak-anak pun cukup terhibur dengan mainannya yang dibuat menjadi karya yang ditempelkan pada kamarnya.

Sangat mudah dibuat, Anda bisa kumpulkan mobil-mobilan berukuran kecil yang sudah jarang dimainkan. Pastikan Anda menempatkan mobil-mobilan tersebut di sekitar tepi cermin sebelum Anda merekatkannya untuk melihat berapa banyak yang Anda butuhkan. Lekatkan mobil-mobilan tersebut pada kaca menggunakan lem super.

Lampu tidur anak

Terapkan ide yang sama pada lampu tidur anak dengan hiasan mainan plastik. Tempelkan dengan lem dinosaurus, mobil-mobilan atau sejenisnya ke dasar lampu. Setelah lem kering, cat keseluruhan dengan warna yang diinginkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya