Agar Tetap Segar, Ini Tips Merawat Tanaman Ruangan

Tanaman aglaonema dan sepatu filum
Sumber :
  • Viva.co.id/Raudhatul Zannah

VIVA.co.id – Merawat tanaman yang hidup di dalam ruangan memang tidak mudah. Butuh pemahaman khusus, agar tanaman tersebut bisa bertahan hidup dan tetap segar.

Jokowi Resmikan Huntap hingga Proyek Infrastruktur Pascabencana di Sulteng

Dalam perawatannya, harus dilakukan secara rutin agar tetap sedap dipandang. Salah satu tanaman yang sering dijadikan tanaman ruangan adalah aglaonema dan sepatu filum. Kedua tanaman ini cocok hidup dengan intensitas penyinaran yang rendah dan kelembaban tinggi.

"Keduanya cocok dengan udara yang cukup rendah dan lembab. Meski tetap sesekali harus dikeluarkan untuk diberi tambahan penyinaran," kata seorang penjual tanaman di kawasan Jakarta Selatan, Tono kepada VIVA.co.id.

5 Manfaat Cangkang Telur untuk Berkebun, Bisa Jadi Pupuk Organik

Pada aglaonema, penyiraman dapat dilakukan secara rutin setiap harinya, baik di pagi hari maupun di sore hari. Namun perlu diperhatikan, menyiram aglaonema tak boleh sampai menggenangi batasan pot dengan tanah. Dan gunakan air alami tanpa penggunaan bahan kimia.

Sedangkan pada sepatu filum, Tono menjelaskan, penyiraman juga harus dilakukan secara rutin. Namun, harus memperhatikan drainasenya agar tidak menyebabkan busuk pada akar.

Makin Sulit Dapat Hunian yang Layak di Jakarta, Ini Sebabnya

Menurutnya, penempatan tanaman sepatu filum ini juga perlu diperhatikan. Baiknya, letakkan sepatu filum diantara jendela agar tidak terkena langsung sinar matahari.

Agar semakin sehat dan bernutrisi, lanjutnya, tanaman tersebut harus diberi pupuk yang juga secara rutin. Hal ini dapat membantu tanaman-tanaman tersebut untuk menunjang pertumbuhannya.

"Pupuk harus diberikan secara rutin kira-kira dua minggu sekali. Pupuk yang cocok biasanya NPK (pupuk buatan yang berbentuk cair atau padat yang mengandung unsur hara utama nitrogen, fosfor, dan kalium)," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya