Cara Tepat Memasang Batu Hiasan Putih di Taman

Taman di Jepang dengan batu putih.
Sumber :
  • Pixabay/Kaz

VIVA.co.id – Bebatuan kerap dipilih untuk memperindah taman. Selain batu hitam, bebatuan putih kini menjadi ornamen favorit dalam mempercantik halaman rumah.

Makin Sulit Dapat Hunian yang Layak di Jakarta, Ini Sebabnya

Namun, banyak kesalahan yang dilakukan orang ketika memasang bebatuan putih. Biasanya mereka menaruh bebatuan tersebut di atas tanah. Alhasil, batu yang tadinya putih menjadi cokelat karena terkena tanah di bawahnya. 

Sebetulnya memasang bebatuan putih cukup mudah. Jika Anda tahu caranya, Anda bisa memasangnya sendiri. Pertama-tama, siapkan bebatuan putih yang cukup sesuai dengan ruang yang telah disediakan. Kemudian, siapkan serabut atau semacam ijuk berwarna hitam sebagai alas.

Anak Jaksel Boleh Seneng! Kawasan Senopati Dipercantik Lampu Estetik Bergaya Arsitektur Eropa

"Kalau itu (pemasangan batu putih) ada serabut kaya semacam induk yang hitam itu (sebagai alas batuan pada ruang)," kata Penjual dan Jasa Pembuatan Taman Hias di kawasan TB. Simatupang, Ragunan, Heri Alam di Jakarta Selatan, Selasa, 11 Juli 2017.

Sebelum menaruh serabut itu, baiknya aplikasikan terlebih dahulu jenis pasir, seperti pasir putih atau pasir malang. Hal ini guna memberikan kepadatan dan tidak regangnya serabut dan bebatuan yang akan ditaruh.

Permudah Kepemilikan Hunian, Bank Mandiri Teken Kerjasama dengan APERSI

Adapun guna memberikan hasil maksimal terhadap kepadatannya, campur serabut dengan adukan semen. "Lebih baik lagi padat, itu adukan (serabut pakai semen)," ujarnya.

Setelah pasir atau semen maupun serabut telah tertata rapi, taburi batu-batu putih tersebut di atasnya. Tata batu tersebut menjadi kesatuan yang padat dan merata.

Presiden Joko Widodo.

Jokowi Resmikan Huntap hingga Proyek Infrastruktur Pascabencana di Sulteng

Presiden Joko Widodo meresmikan sejumlah proyek revitalisasi pascabencana tsunami tahun 2018 silam.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024