Bermain Teka-Teki Silang Bikin Otak Lebih Muda

Teka-teki silang.
Sumber :
  • Pixabay/stevepb

VIVA.co.id – Bermain teka-teki silang atau TTS, bukan hanya melatih pengetahuan dan daya pikir. Menurut sebuah studi terbaru, permainan ini dapat memperbaiki fungsi otak dan membuat otak sepuluh tahun lebih muda.

Ternyata, Game Asah Otak Tidak Bikin Anda Tambah Pintar

Hasilnya menunjukkan bahwa semakin sering orang mengisi TTS, semakin baik kinerjanya dalam mengerjakan tugas kognitif yang menilai perhatian, penalaran dan ingatan. Bermain TTS juga ampuh memperlambat perkembangan demensia.

Menurut studi, orang-orang yang sering mengisi TTS, fungsi otaknya sepuluh tahun lebih muda dari usia mereka. Itu diketahui berdasarkan ujian kecepatan penalaran gramatikal dan akurasi memori jangka pendek.

Permainan Asah Otak Bikin Lebih Pintar, Benarkah?

"Kami menemukan hubungan langsung antara frekuensi bermain TTS dan kecepatan dan ketepatan kinerja pada sembilan tugas kognitif yang menilai berbagai aspek fungsi, termasuk perhatian, penalaran dan ingatan,” kata Keith Wesnes, Profesor di Universitas Exeter di Britania, dikutip dari laman Indian Express, Selasa, 18 Juli 2017.

Dalam studi yang dipresentasikan pada Konferensi Internasional Asosiasi Alzheimer (AAIC) 2017 yang diadakan di London itu, tim peneliti menganalisis data dari lebih dari 17.000 orang sehat berusia 50 tahun ke atas.

Presiden Direktur P&G Indonesia Sebut Prospek Masa Depan Indonesia Cerah 

Para peneliti juga mengatakan, selain menjaga pikiran tetap aktif dengan mengisi TTS, berolahraga, menghindari rokok dan mengonsumsi makanan seimbang yang sehat juga dapat membantu mengurangi risiko pengembangan demensia. (mus)

Kids Math – Mobiloids.

10 Game Asah Otak yang Membuat Anda Semakin Pintar

Sejumlah permainan asah otak terbaik yang dapat dijadikan pilihan.

img_title
VIVA.co.id
16 Mei 2018