Tips Memilih Pagar untuk Rumah Minimalis

Ilustrasi pagar/gerbang rumah
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA.co.id – Selain memilih bentuk bangunan dan perabot yang minimalis, pemilihan pagar pun menjadi faktor penting dalam komponen rumah. Desain pagar minimalis, ukuran, dan material harus disesuaikan agar tampilan rumah tak hanya menarik tapi juga fungsinya sebagai pelindung rumah.

Wow, Pegawai ASN yang Pindah ke IKN Bakal Dapat Satu Unit Apartemen Layak Huni

Meskipun banyak orang yang lebih memilih pagar berdasarkan model yang disukai, tapi ada hal lain yang harus dipertimbangkan. Berikut beberapa tipsnya, dilansir dari homebuilding Selasa 18 Juli 2017.

1. Sesuaikan desain pagar dengan desain bangunan rumah

Kemenpan-RB Siapkan 200 Ribu Formasi Calon ASN untuk Ditempatkan di IKN

Desain rumah minimalis umumnya memiliki desain seperti country, klasik, mediterania, victoria, dan lain-lain. Ada baiknya tentukan desain rumah terlebih dahulu, baru kemudian tentukan desain pagar yang sesuai.

Hal ini disarankan guna menjaga proporsional dan keserasian antara pagar dan bangunan rumah. Kemudian, sesuaikan juga antara ukuran pagar dengan tinggi dan lebar bangunan rumah.

Menpan-RB Sebut Setiap ASN di IKN Dapat Satu Unit Hunian Apartemen Seluas 98 Meter Persegi

2. Sesuaikan material pagar dengan lingkungan

Umumnya, material pagar terbuat dari kayu, besi, stainless, batu, dan cor. Pilihlah material atau kombinasi yang juga bisa untuk menjaga keamanan rumah. Jangan lupa sesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitar rumah.

Jika terletak di lingkungan dengan pengamanan minim, baiknya menggunakan material besi yang berat. Sehingga tak mudah dibobol oleh orang tak bertanggung jawab.

3. Desain pagar sesederhana mungkin

Memang tak melarang untuk mendesain pagar semenarik mungkin. Tapi, tetap perhatikan bahwa pagar rumah minimalis harus mengedepankan kesan minimalisnya. Usahakan hindari terlalu banyak ornamen dan gunakan pola-pola sederhana yang modern.

4. Pilih warna sejuk dan dingin

Abu-abu, hitam, dan silver adalah warna untuk pagar minimalis pada umumnya. Jika ingin berbeda, bisa memilih warna-warna sejuk dan dingin seperti merah bata, biru tua, dan hijau. Bisa juga dipadu padankan dengan kombinasi tiga warna yang kontras, ini akan menjadi unik dan dapat mempertegas kesan minimalis. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya