Saat yang Tepat Belajar Cara Mengatur Keuangan

Ilustrasi dompet.
Sumber :
  • Pixabay/e-gabi

VIVA.co.id – Pengelolaan keuangan sangat penting untuk menjamin kesejahteraan dan kehidupan hingga masa tua. Sayangnya, menurut sebuah survei sekira 80 persen masyarakat Indonesia belum sadar pengelolaan keuangan yang baik dan benar. 

4 Tips agar Kamu Tidak Menderita di Tanggal Tua

"Kita makanya perlu paham mengenai tiga fase kehidupan dan cara mengelolanya. Dari early adulthood kita perlu melakukan pengelolaan keuangan agar bisa merancang masa depan dengan baik," ujar Bianto Surodjo, Direktur Retail Banking PermataBank, saat jumpa pers Wealth Wisdom di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta Selatan, Rabu 2 Agustus 2017. 

Dia memaparkan, di kelompok millenial yang baru memasuki dunia seringkali sumber penghasilan masih terbatas. Kelompok ini melambangkan kekayaan dengan jumlah uang dalam tabungan dan lifestyle kekinian mereka. 

Tips Jitu Kelola Tabungan Bersama Sebelum Nikah

"Mereka fokus ingin dilihat, makanya kalau tidak dikelola dari masa ini akan kesulitan nantinya," kata dia. 

Sedangkan pada kelompok dreamers merupakan kelompok yang terus berkeluarga dan memiliki bermacam-macam tujuan finansial yang berbeda. Meski peningkatan bertambah, pengeluaran pada generasi ini pun juga meningkat.

Atur Keuangan Bisnis dengan Cara Ini, Dijamin Cepat Kaya

"Ini bisa masuk baby boomer biasanya orientasi kehidupannya ke money, health dan family jadi gimana bisa manage uang dengan baik dan cicilan. Karena sejalan dengan kehidupan, anak semakin besar pengeluaran juga akan semakin banyak," kata dia. 

Sedangkan pada tahap legacy, lanjut Bianto, biasanya sudah mapan secara finansial. Orientasi mereka ialah meneruskan kekayaan tersebut ke generasi selanjutnya. 

"Makanya misi yang ingin kami sampaikan itu 3 seasons of wealth. Dengan memahami makna dari setiap nilai uang yang dimiliki sejak dini diharapkan menghasilkan generasi yang dapat memiliki kehidupan yang lebih baik pada masa legacy.” (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya