Alasan Kursi Pesawat Berwarna Biru

Kursi pesawat
Sumber :
  • the Sun

VIVA.co.id – Perjalanan udara adalah pengalaman yang menegangkan bagi banyak orang - ruangnya sempit, ada banyak peraturan dan lebih sering berhadapan dengan seorang yang tidak dikenal. 

KNKT Beberkan Kronologi Pilot dan Co-Pilot Batik Air yang Tertidur saat Terbangkan Pesawat

Tapi meski sepertinya tidak seperti itu, maskapai penerbangan berusaha membuat pengalaman ini menenangkan salah satunya dengan warna kursi.

Meski tanpa disadari, banyak maskapai yang memilih menggunakan tempat duduk berwarna biru di tiap pesawatnya. Tapi tentu tak sekadar soal estetika, melainkan juga ada penjelasan ilmiah di baliknya. 

Jelajahi Keajaiban Alam dan Budaya di Kota Paling Cerah di Australia Pakai Tiket Hemat

Alasan utama untuk warna biru tua yang populer digunakan, yakni karena menghasilkan bahan kimia yang menenangkan di tubuh, mengurangi kemungkinan kemarahan pesawat dan menciptakan rasa nyaman.

Para ahli di situs web Color Psychology mengatakan: "Biru adalah warna yang menunjukkan kedamaian,  ini adalah warna laut yang tenang dan langit yang cerah, keduanya terkait dengan ketenangan batin, tenang dan jernih.

Terbang Tinggi! Vietjet Air Raih Penghargaan Manajemen Keuangan dan Penerbangan

Kursi pesawat

Biru juga terbukti memperlambat denyut jantung dan pernapasan, sehingga bisa menjadi warna yang bagus untuk membantu meditasi atau relaksasi.

Warna biru juga diharapkan bisa menimbulkan rasa kepercayaan, itulah sebabnya orang sering memakai setelan biru untuk wawancara kerja. Warna ini juga diharapkan bisa tampil andal, yang merupakan emosi yang berguna saat terbang

Mengingat bahwa sebuah pesawat akan menentang alam dan menerbangkan ratusan orang melalui langit, masuk akal jika mereka ingin para penumpang mempercayai mereka. (adi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya