Antre Merasakan Sensasi Duduk di Atas Toilet Emas 18 Karat

Toilet Emas 'America'
Sumber :
  • Instagram guggenheim

VIVA.co.id – Toilet kini bukan sekedar tempat untuk buang air besar ataupun kecil. Toilet bahkan kini seringkali didesain mewah dan menjadi bagian dari prestise seseorang.

Viral WC dengan Desain Gemerlap Diskotik, Netizen: Jongkok Jedag Jedug!

Tak hanya itu, toilet juga sering menjadi tempat bagi seseorang menemukan inspirasi. Mulai dari lagu, hingga buku bisa tercipta lewat renungan di dalam sebuah toilet. Tapi pernahkan Anda membayangkan, duduk di sebuah toilet yang terbuat dari emas?

Bagi yang ingin merasakan sensasi tersebut, tidak ada salahnya untuk mengunjungi  Museum Solomon R. Guggenheim yang terkenal di New York, Amerika Serikat. Karya seni bernama America ini adalah sebuah karya dari seniman Italia, Maurizio Cattelan.

Gokil, Penampakan Desain Toilet SPBU di Sukabumi bak Hotel Bintang Lima: Mewah Banget

Dilansir laman nytimes, "America" adalah toilet emas yang berfungsi penuh dan telah dipajang sekitar satu tahun. Lebih dari 100.000 pengunjung museum telah mengantre untuk menggunakan instalasi populer, yang terbuat dari emas 18-karat. Toilet ini juga merupakan salah satu bagian dari pameran terkecil dalam sejarah museum.

"Lebih dari 100.000 orang telah menunggu dengan sabar, menunggu kesempatan untuk berinteraksi dengan karya seni dan menyatu dengan alam," tulis Nancy Spector, Direktur Artistik Guggenheim dan Kurator Utama, di situs museum.

Arkeolog Kaget, Ada Toilet Berumur 2000 Tahun

Meski tidak menyebutkan secara detail terkait harga toilet tersebut, namun Nancy menyebut bahwa toilet ini bernilai jutaan dolar karena terbuat dari emas.

"Amerika" berada di lantai lima Guggenheim yang dirancang oleh arsitek Frank Lloyd-Wright, akan dipindahkan pada 15 September mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya