Unik dan Lucu, Ada Pendekar dan Raja Upacara di Rutan

Upacara penghormatan dengan pakaian adat ala pendekar di Rutan Cilodong
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zahrul Darmawan

VIVA – Ada pemandangan tak biasa saat upacara yang berlangsung di Rumah Tahanan (Rutan) Cilodong, Depok, Jawa Barat, hari ini, 30 Oktober 2017. Dalam upacara peringatan hari Dharma Karyadhika Kementerian Hukum dan Ham ke 72 sekaligus Sumpah Pemuda, petugas rutan menggunakan busana unik.

Top Trending: TNI Semprot Kepsek yang Ogah Upacara Bendera, Oknum Habib Kegep Zina

Dari pantauan VIVA.co.id, pakaian yang dikenakan para petugas di rutan ini terlihat beragam dari berbagai macam suku. Beberapa di antaranya mengenakan busana ala pendekar Betawi dan Madura lengkap dengan senjata tajam. Ada juga busana ala Raja dan Ratu Nusantara.

Rupanya, ini merupakan instruksi agar petugas rutan menampilkan keunikan dengan tak mengenakan seragam dinas dan memilih menggantinya dengan pakaian adat.

Panas, Anggota TNI Semprot Kepala Sekolah yang Diduga Ogah Upacara Bendera Tiap Senin

Kepala Rutan Cilodong Depok, Sohibur Rachman mengatakan, upacara ini juga diikuti sebagian tahanan. Jadi, bukan hanya petugas rutan. Dengan upacara unik ini, ia berharap petugas mengingat keragaman budaya untuk memperkuat nasionalisme negara.

“Kami ingin menunjukkan dengan keberagaman suku dan budaya dari Sabang sampai Marauke, kita tetap bersatu. Justru perbedaan itulah yang menyatukan dan menguatkan kita,” kata Sohibur kepada wartawan, Senin, 30 Oktober 2017.

Potret Gemas Anniversary Nagita Slavina-Raffi Ahmad, Jadi Manten Lagi!

Sohibur mengungkapkan, upacara dengan mengenakan pakaian adat ini adalah kali pertama dilakukan jajaran Rutan Cilodong.

“Tentu harapannya adalah kita bisa lebih baik lagi. Kemarin kami juga telah melaksanakan upacara Sumpah Pemuda dan hari ini juga ada kaitannya ke situ sekaligus memperingati hari Dharma Karyadhika Kemenkumham.” (mus)

Postingan Young Lex nonton debat cawapres

Deretan Seleb Tampil Memukau Pakai Busana Adat di Debat Cawapres 2024

Artis yang hadir menyaksikan langsung acara debat cawapres 2024 termasuk juga rapper Young Lex dengan aktris Adhisty Zara, Harris Vriza hingga pasangan Thariq dan Aaliyah

img_title
VIVA.co.id
23 Desember 2023