PerpuSeru, Wadah Transfer Informasi Canggih

PerpuSeru
Sumber :
  • Viva.co.id/Diza Liane

VIVA – Apa yang Anda pikirkan, saat mendengar kata Perpustakaan umum? Pastinya, mengacu pada deretan buku kuno dan suasana ruangan yang begitu formal dan sunyi. Tetapi, keseruan akan terasa dengan hadirnya PerpuSeru.

Perpustakaan Bumi Desa Sidareja, Persembahan untuk Generasi Muda

PerpuSeru, merupakan program yang dilaksanakan Coca-Cola Foundation Indonesia dan Bill & Melinda Gates Foundation, yang mengembangkan perpustakaan umum menjadi pusat belajar berbasis teknologi.

"Perubahan perpus dengan didampingi kemajuan teknologi menjadi program PerpuSeru agar menciptakan masyarakat yang gemar ke perpustakaan lagi. Melalui program ini di perpustakaan, bisa transfer knowledge lebih mendalam," Kepala Perpustakaan RI, Muh Syarif Bando, dalam temu media Seribu Cerita PerpuSeru di Perpustakaan Nasional RI, Jakarta, Senin 6 November 2017.

Belajar Hidup dengan Literasi Rumah Baca Aksara

Menurut Bando, perpustakaan sudah seharusnya mampu memberikan wadah untuk membaca dan berbagi informasi. Melalui PerpuSeru, masyarakat bisa mendapat motivasi untuk datang dan belajar ke perpustakaan agar mampu meningatkan kualitas hidup dan lingkungannya.

"Membaca melalui jaringan internet yang hadir di perpus, bisa membuat masyarakat lebih kreatif. Dengan wawasan yang lebih luas, masyarakat bisa mengaplikasikan info bacaannya ke dalam barang atau jasa yang lebih bermanfaat untuk lingkungan," jelasnya.

Misi Mulia Bantu Anak-anak Buta Huruf, Eko Cahyono Dirikan Perpustakaan Gratis

PerpuSeru kini telah hadir di 586 Perpustakaan desa dan 104 perpustakaan kabupaten di 18 provinsi yang telah memberi peningkatan kualitas hidup pada masyarakat. Serta, PerpuSeru menggelar roadshow 'Seribu Cerita PerpuSeru' ke berbagai kota di Tanah Air.

"Layanan internet gratis ini dibiayai pemerintah dengan memberdayakan pengelola perpus agar bisa menjadi mentor handal dan inovatif. Melalui aplikasi ini juga, PerpuSeru bisa sebarkan virus membaca dan edukasi agar orang makin peduli untuk bisa sharing info positif," ujar Chief Executive Coca-Cola Foundation Indonesia, Titie Sadarina, di kesempatan yang sama.

Alquran (Foto ilustrasi)

Al-Quran Berusia 14 Abad Bakal DiJual Awal Bulan Ramadhan Nanti

Sebuah salinan langka Al-Quran dari awal abad ke-7 yang berusia 14 abad akan dilelang pada bulan Maret 2024. Manuskrip kuno ini dihargai sebesar 1 juta Euro.

img_title
VIVA.co.id
24 Januari 2024