Makna Siraman dari Rangkaian Prosesi Pernikahan Kahiyang Ayu

Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution.
Sumber :
  • Instagram @ribkabudiman.o.s

VIVA – Pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, dengan kekasihnya, Bobby Nasution, akan berlangsung besok, Rabu, 8 November 2017. Sejak kemarin, beberapa rangkaian acara pernikahan sudah dilakukan.

Ijeck dan Bobby Nasution Bersaing Raih Tiket Golkar di Pilgub Sumut 2024

Beberapa yang sudah dilakukan adalah prosesi wilujengan kenduri, atau yang akrab terdengar dengan selamatan yang sudah digelar di kediaman pribadi Jokowi di Jalan Kutai Utara Sumber, Banjar Sari, Surakarta, Jawa Tengah.

Proses berikutnya adalah proses pemasangan bleketepe, siraman dan sadeyan dawet. Pemasangan bleketepe sudah dilakukan oleh Presiden Jokowi, bersama ibu negara, Iriana dan putranya, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang, yang juga dilakukan di kediaman pribadi Jokowi, Selasa pagi, 7 November 2017.

Nyamar Jadi Pengunjung, Bobby Nasution Tutup Paksa Klub Malam yang Buka saat Ramadhan

Prosesi adat dilanjutkan oleh proses siraman. Seperti dilansir dari Wikipedia, dalam adat Jawa, siraman berasal dari kata dasar ‘siram’, yang berarti mandi. Yang dimaksud dengan siraman adalah memandikan calon pengantin yang memiliki arti membersihkan diri agar menjadi suci dan murni.

Biasanya saat melakukan prosesi siraman terdapat petuah-petuah dan doa-doa. Namun, untuk menjaga kesehatan calon pengantin supaya tidak kedinginan, maka ditetapkan tujuh orang yang memandikan.

Golkar Blacklist Edy Rahmayadi di Pilgub Sumut 2024: Beliau Sangat Menyakitkan Kami

Angka tujuh dalam bahasa Jawa adalah pitu atau pitulung, artinya pertolongan. Upacara siraman ini diakhiri oleh juru rias yang memecah kendi dari tanah liat.

Prosesi siraman yang dilakukan oleh putri dari orang nomor satu di Indonesia ini berlangsung dengan sakral dan tertutup, serta hanya dihadiri oleh keluarga kedua mempelai. (ren)

Walikota Medan, Bobby Nasution saat mendatangi Heaven Seven.(istimewa/VIVA)

Terpopuler: Bobby Nasution Tutup Klub Malam, TNI Tangkap Anggota KKB hingga Viral Pelaku Terorisme

Berita soal terungkapnya motif oknum prajurit aniaya anggota KKB juga menjadi berita terpopuler di kanal News VIVA.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024