Gordang Sambilan, Alat Musik Kebanggaan Batak Mandailing

Petugas memasang foto putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu (kanan) dengan Bobby Nasution (kiri) di Gedung Graha Saba, Solo, Jawa Tengah, Senin (6/11/2017).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Maulana Surya

VIVA – Gordang Sambilan bisa dibilang adalah alat musik pukul kebanggaan suku Batak Mandailing, Sumatera Selatan. Suku ini berasal dari bagian paling selatan provinsi Sumut.

Bertemu Airlangga di Jakarta, Bobby: Saya Diundang, Gak Sopan Kalau Tak Datang

Dikutip dari berbagai sumber, Gordang Sambilan merupakan long drum terpanjang di dunia yang punya bentuk dan bunyi yang unik dan khas. Tak heran jika harganya bisa mencapai Rp20 juta hingga Rp60 juta.

Di acara pernikahan suku Batak mandailing, alat musik yang dari namanya berarti sembilan buah gendang ini tak pernah absen.

Bantah Kunjungan Jokowi ke Sumut Cawe-cawe Pilgub, Bobby Nasution: Mau Lihat Cucu

Tentu saja Gordang Sambilan tidak dimainkan sendiri, melainkan diiringi dengan alat musik lain, seperti beberapa buah gong, cymbal dan suling. Sembilan Gordang juga memiliki bunyi yang berbeda masing-masing.

Dulunya sebenarnya Gordang Sambilan termasuk alat musik sakral yang tak boleh sembarangan dimainkan, dan harus mendapat izin dulu dari para tetua adat. Alat musik ini juga hanya boleh dimainkan di upacara adat tertentu, seperti pernikahan atau kematian.

Meski Diblacklist, Bobby Nasution Tetap Ingin Ambil Formulir Pilgub Sumut dari PDIP

Di acara ngunduh mantu putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution yang digelar di kediaman Bobby di Komplek sSetia Budi Indah, Medan, Sumatera Utara, Jumat, 24 November 2017, alat musik ini juga turut dimainkan. Gordang Sambilan Dohot Gondang menjadi prosesi adat yang dilakukan setelah Manalpokhon Lahan ni Horja atau penyembelihan kerbau.

Walikota Medan, Bobby Nasution.(B.S.Putra/VIVA)

Bobby Nasution Bilang Ada Partai Berikan Tugas ke Dia Maju di Pilgub Sumatera Utara

Bobby Nasution mengatakan selain secara lisan seperti Golkar juga memberikan surat penugasan untuk maju di Pilgub Sumatera Utara. Tapi, dia enggan menyebut partai lainnya

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024