Lagu Pengiring Manortor Kisahkan Hidup Kahiyang dan Bobby

Pesta Adat Mandailing Bobby Nasution - Kahiyang Ayu.
Sumber :
  • Youtube.com

VIVA – Prosesi Manortor (menari Tor-tor) dilakukan dengan iring-iringan lagu termasuk tabuhan Gordang Sambilan di acara ngunduh mantu putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Putri dan Bobby Nasution di kediaman keluarga Bobby di Medan, Sumatera Utara, Jumat, 24 November 2017.

Bobby Nasution Bilang Ada Partai Berikan Tugas ke Dia Maju di Pilgub Sumatera Utara

Bukan iringan lagu biasa, lagu pengiring Manortor ternyata menceritakan tentang perjalanan hidup Kahiyang dan Bobby. Iringan lagu ini disebut Onang-onang, yang memang menceritakan tentang kedua pengantin hingga mereka dinikahkan.

"Tot-tor ada lagu Onang-onang, menerangkan mulai kelahiran Kahiyang dan Bobby tapi melalui lagu. Jalan hidup keduanya, mulai buaian sampai mereka dinikahkan," kata Khairul, tokoh masyarakat Mandailing saat diwawancara di tvOne, Jumat, 24 November 2017.

Bertemu Airlangga di Jakarta, Bobby: Saya Diundang, Gak Sopan Kalau Tak Datang

Dalam rangkaian Manortor ini, juga ada seserahan yang dibawa oleh para perempuan. Ada daun-daunan menyerupai pohon. Maknanya agar rumah tangga Kahiyang dan Bobby diberi kesejukan.

"Pohon itu daunnya khusus maknanya supaya sejuk, agar perkawinan dapat kesejukan, sama seperti berteduh di pohon rindang kita jadi sejuk," kata Hotman Syukur Nasution, tokoh masyarakat Mandailing lainnya.

Bantah Kunjungan Jokowi ke Sumut Cawe-cawe Pilgub, Bobby Nasution: Mau Lihat Cucu

Prosesi Adat Pernikahan Kahiyang & Bobby

Jumpa pres Kick OFF Pilkada Serentak 2024, di Grandhika Hotel Medan, beberapa waktu lalu.(B.S.Putra/VIVA)

PKS Siapkan Kader Terbaik di Pilkada Sumatera Utara, Siapa Orangnya?

Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera atau PKS, Sumatera Utara, sedang mempersiapkan kader terbaik mereka di internal untuk diusung pada Pilkada Serentak 2024.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024