Undangan Ngunduh Mantu Kahiyang-Bobby Dibalut Kain Ulos

Pesta Adat Mandailing Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu.
Sumber :
  • Youtube.com

VIVA – Acara pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution memang kental dengan suasana keadatan. Baik di Solo, Jawa Tengah maupun acara ngunduh mantu di Medan, Sumatera Utara.

Bobby Nasution akan Jalin Komunikasi dengan NasDem dan PKB untuk Pilgub Sumut

Suanana kental adat ini juga terlihat dari desain undangan acara ngunduh mantu Kahiyang-Bobby, yang dibalut kain ulos Abit Godang. Kain yang didominasi warna merah dan emas terlihat begitu cantik. Ternyata ada alasan mengapa kain itu yang dipilih untuk balutan undangan.

"Abit Godang secara adat adalah kain kebesaran Tapanuli Selatan," ujar Hendri, salah satu tetua adat Batak dari Angkola, Sipirok, saat diwawancara tvOne, Jumat 24 November 2017.

Kantongi Surat Tugas Maju Pilgub, Bobby Nasution: Tak Perlu Daftar Lagi ke Golkar Sumut

Bagian depan undangan terdapat pula siluet Ampu dan Bulang. Dua atribut yang dikenakan di kepala pengantin pria dan wanita.

Ampu yang dipakai pengantin pria punya arti, yaitu raja sebagai orang yang sopan santun, berwibawa dan mengayomi masyarakat adat keseluruhan.

PKS Siapkan Kader Terbaik di Pilkada Sumatera Utara, Siapa Orangnya?

Undangan ini diberikan oleh raja Mandailing secara adat kepada raja-raja di daerah lain. Dalam undangan, terdapat susunan acara selama dua hari penuh yang harus diikuti. (ren)

Sekda Kota Medan, Wiriya Alrahman.(dok Pemko Medan)

Anak Buah Bobby Nasution Ditunjuk Jadi Pj Bupati Deli Serdang

Anak buah Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution atau Bobby Nasution, yakni Sekda Kota Medan, Wiriya Alrahman diputuskan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024