Cara Warga Batak di Solo Rayakan Ngunduh Mantu Putri Jokowi

Cara Warga Batak di Solo Rayakan Ngunduh Mantu Putri Jokowi
Sumber :
  • Fajar Sodiq/SOLO/VIVA

VIVA – Berbagai cara dilakukan untuk ikut memeriahkan prosesi ngunduh mantu besan Presiden Joko Widodo di Medan. Salah satunya seperti yang dilakukan komunitas orang Batak di Solo yang merayakannya dengan menggelar tari tor-tor di car free day Solo, Minggu 26 November 2017.

Prabowo-Gibran Sapu Bersih Suara di TPS Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu Nyoblos

Pantauan VIVA, puluhan anggota komunitas orang Batak di Solo, terlihat mengenakan pakaian adat Batak, serta memakai kain ulos saat hadir di car free day di Jalan Slamet Riyadi Solo.

Setelah lagu-lagu adat khas Batak diputar, sejumlah perempuan asal Batak itu langsung menari tor-tor. Gerakan tari yang ditampilkan para penari itu pun lambat laut ditirukan oleh para pengunjung yang hadir dalam kegiatan tersebut. Tak pelak, mereka pun langsung diajak untuk menari tor-tor.

Nyoblos Ditemani Kahiyang Ayu, Bobby Nasution: Semoga Pemilu Berjalan Lancar

Selain menari, anggota komunitas orang Batak di Solo, juga menyanyikan berbagai lagu khas Batak. Para penyanyi yang didominasi laki-laki itu silih berganti menyanyikan lagu daerah untuk memeriahkan prosesi ngunduh mantu yang dilaksanakan di Medan.

Koordinator komunitas orang Batak di Solo, Luciana Gultom mengungkapkan sebagai warga Batak, sangat senang dengan digelarnya prosesi ngunduh mantu yang dilaksanakan di Medan. Kebahagiaan tersebut juga dirasakan oleh warga Batak yang merantau di Solo.

TERPOPULER: Respons Maia Estianty Bertemu Laura Moane dan Potret Anggun Kahiyang Ayu Berhijab

"Warga Batak di Solo ikut mangayubagyo acara ngunduh mantu di Medan, caranya dengan menampilkan tari tor-tor di sini (car free day)," kata dia di Solo, Minggu 26 November 2017.

Tari tor-tor, menurut Luciana, merupakan tarian yang dipentaskan saat orang Batak menggelar pesta. Sedangkan tarian tor-tor yang ditampilkan di Solo, merupakan tarian yang sudah dipadukan dengan lima budaya yang ada di Batak.

"Tarian tor-tor ini perpaduan dari budaya Batak Toba, Karo, Samosir, Pakpak dan Mandailing," sebutnya.

Dengan pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution, kata dia, komunitas orang Batak di Solo pun mendoakan untuk yang terbaik untuk kedua mempelai.

"Semoga menjadi pasangan yang langgeng, damai, sejahtera, dan bahagia," harapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya