Deteksi Kanker Serviks Sejak Dini

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di acara Hari Kanker Sedunia 2018.
Sumber :
  • VIVA/Bimo Aria Fundrika

VIVA – Kesadaran masyarakat DKI Jakarta untuk melakukan deteksi kanker serviks meningkat. Dalam peringatan Hari Kanker Dunia, di Kota Tua, Jakarta Barat, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengungkapkan bahwa terjadi peningkatan 114 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Megawati Ajukan Diri Jadi Amicus Curiae, Anies Bilang "Situasinya Memang Amat Serius"

"Jadi upaya deteksi dini kanker serviks ini meningkat 114 persen dibandingkan tahun 2016. Tahun 2016 itu ada 48 ribu pemeriksaan, sedangkan di tahun 2017 ada 114 ribu pemeriksaan," ucap Anies di Jakarta, Selasa, 13 Februari 2018.

Dia juga mengungkapkan bahwa peningkatan ini terjadi karena semakin mudahnya warga untuk mengakses fasilitas kesehatan untuk memeriksakan diri. Misalnya saja dengan adanya krioterapi di puskesmas kecamatan.

PKS Tak Jagokan Anies Baswedan Maju Pilkada DKI tapi Tiga Sosok Ini

Menurut Anies, dengan adanya fasilitas itu, masyarakat bisa dengan mudah mengetahui hasil dari pemeriksaannya, sehingga bisa segera dilakukan tata laksananya.

"Mudah-mudahan ini memperluas kesadaran kita perlunya deteksi dini pada kanker," kata dia.

Serahkan Kesimpulan Sidang Sengketa Pilpres, Anies: Semoga MK Beri Keputusan yang Baik

Anies juga mengingatkan, bahwa masyarakat seringkali lupa terhadap diri sendiri ketika di sekitar ada yang terkena kanker.

"Sering sekali ketika menjenguk tidak diiringi refleksi, kita melihat informasi seakan berjarak. Mudah-mudahan peringatan ini menjadi pengingat untuk kita, bahwa semua punya tanggung jawab untuk mensosialisasikan bahaya kanker," ujar Anies.

Anies Baswedan dan Cak Imin

Anies Baswedan Direstui Maju Pilkada Jakarta, Cak Imin: PKB Belum Membahas

Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar mengatakan bahwa partainya sampai dengan saat ini masih belum membahas soal Pilkada Serentak 2024. Belakangan nama Anies kembali mencuat

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024