Cara Mudah Cegah Kerusakan Jantung Tanpa Obat

Pria sesak napas.
Sumber :
  • Pixabay/ HansMartinPaul

VIVA – Angka penderita gangguan pada jantung semakin banyak. Tak sedikit kasusnya yang memicu kematian. Padahal, kerusakan pada jantung bisa dicegah dengan cara sederhana.

Termasuk Polusi Udara, Ini 10 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

Dilansir dari laman Zeenews, beberapa penyakit termasuk tekanan darah tinggi, penumpukan lemak, kolesterol, penyumbatan dinding arteri, hingga diabetes, dapat menyebabkan kerusakan pada sistem kardiovaskular yang meningkatkan risiko serangan jantung. Namun, paparan sinar matahari pagi memiliki manfaat baik untuk kesehatan jantung, termasuk mencegah kerusakan pada jantung.

Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan, kandungan vitamin D3 yang ada dalam sinar matahari secara alami, dapat memperbaiki sistem kardiovaskular. Meski sebelumnya, vitamin itu dikaitkan dengan kesehatan tulang dan kulit.

Mantan Istri Ungkap Kondisi Kesehatan Donny Kesuma Sebelum Meninggal Dunia

"Umumnya, vitamin D3 dikaitkan dengan tulang. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, orang-orang menyadari bahwa banyak pasien yang mengalami serangan jantung akibat kurang asupan vitamin D3," kata Tadeusz Malinski, Mahasiswa Pascasarjana di Ohio University.

Tim tersebut, di sebuah makalah yang diterbitkan dalam International Journal of Nanomedicine, menggunakan nanosensor, yang berukuran sekitar 1.000 kali lebih kecil dari pada rambut manusia. Mereka melacak dampak vitamin D3 pada sel endotel tunggal, yakni komponen peraturan penting dari kardiovaskular. 

Keluarga Kenang Sosok Donny Kesuma, Ingin Semua Anaknya Sukses

Jika ada sistem yang diketahui dapat digunakan untuk mengembalikan sel endotel kardiovaskular yang sudah rusak, asupan vitamin D3 dapat mengatasinya. Dia menganggap, cara ini jadi solusi yang mudah dalam mencegah serangan jantung.

"Ini adalah solusi yang sangat murah untuk memperbaiki sistem kardiovaskular. Kami tidak perlu mengembangkan obat baru, karena ada vitamin D3," imbuhnya.

Ilustrasi Scaling Gigi

Ini Akibat Jarang Scaling Gigi yang Perlu Anda Ketahui!

Scaling gigi adalah prosedur membersihkan plak dan karang gigi. Plak adalah lapisan warna putih di permukaan gigi ketika bakteri dalam mulut bereaksi dengan sisa makanan.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024