4 Kesalahan Umum saat Memakai Kondom, Bahaya Banget

Kondom.
Sumber :
  • Pixabay/kerryank

VIVA – Bicara soal alat kontrasepsi yang cukup aman dan tanpa efek samping, kondom adalah salah satunya. Selain untuk mencegah kehamilan, kondom juga mampu meminimalisir risiko penyakit seks menular. 

Peradangan Vagina Hingga Seks Menyakitkan, Penelitian Temukan Solusi Atasi Masalah Kewanitaan

Meski demikian, masih banyak orang yang tidak mengikuti instruksi pemakaian yang tepat. Karenanya seringkali kesalahan-kesalahan sederhana. 

Padahal menurut, Natika Halil, chief executive FPA, yang merupakan badan amal kesehatan seksual, mengatakan jika kondom digunakan sesuai instruksi maka efektif 98 persen, itu berarti hanya ada dua wanita dalam seratus orang yang akan hamil," katanya dilansir laman The sun.

Terpopuler: Seks di Pagi Hari untuk Dapat Keturunan hingga Negara Termurah Buat Dikunjungi

Lantas apa saja kesalahan umum yang sering terjadi saat menggunakan kondom?

Memakainya terbalik

4 Posisi Seks Aman, Anti Nyeri Buat Pasangan yang Punya Penis Ukuran Jumbo

Kondom dirancang untuk digunakan hanya pada bagian dalamnya saja. Namun menentukan mana bagian luar dan dalam bisa jadi sangat rumit. Jika pemasangan dilakukan terbalik, kondom bisa terlepas saat digunakan.

Natika juga mengatakan bahwa Ini seperti meletakkan lensa kontak dengan cara yang salah, Anda mungkin bisa melihat selama beberapa menit tapi tidak akan efektif. 

Menggulung ketika dipasang

Jika Anda menggulung kondom sebelum memasukkannya ke alat vital, hal itu bisa membuat lengket.  Ini bisa meregangkan karet sehingga kondom tidak pas dengan benar sehingga air mani bisa bocor keluar. 

Sekali lagi, jika kondom tidak pas, bisa terlepas saat berhubungan seks. Jika  tidak mengikuti petunjuk dengan benar anda mempertaruhkan kehamilan atau infeksi menular seksual."

Membeli ukuran yang salah

Kebanyakan pria sering kali melebih-lebihkan ukuran penis mereka. Hal ini juga terjadi ketika membeli dan memilih ukuran kondom. Tapi memilih kondom yang kebesaran juga punya konsekuensi.

Seperti yang dibahas di atas, jika kondom tidak sesuai dengan benar maka kemungkinan akan lepas saat digunakan. 

Menggunakannya setelah tanggal kadaluwarsa

Kondom diuji secara ilmiah sehingga produsen tahu berapa lama mereka akan bertahan. Tanggal kedaluwarsa yang dimasukkan ke dalam paket bukan hanya panduan kasar, tapi tanggal produsen percaya kondom tidak lagi efektif.

Natika juga mengatakan bahwa tingkat efektivitas akan turun jika sudah melewati masa kedaluwarsa.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya