OMG Pilihan Karier Ini Paling Rentan Bercerai

Ilustrasi pasangan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Ada yang bilang karier seseorang bisa berdampak pada hubungan pernikahan. Ternyata hal itu benar adanya. Sebuah penelitian membuktikan bahwa orang-orang dengan karier tertentu memiliki risiko tinggi alami masalah pernikahan.

Menahan Bercerai Demi Anak, Ini Dampaknya

Sangat disayangkan memang, ketika kedua pasangan sedang berjuang dalam karier demi kehidupan yang mapan, di sisi lain bahaya perceraian justru mengintai.

Dilansir dari laman The Independent, situs karier Zippia menganalisis lewat US Census Data, ditemukan bahwa pekerja pada bidang tertentu menghadapi angka perceraian lebih tinggi sebelum usia 30 tahun.

Angka Cerai Tinggi, Perda Perlindungan Keluarga Dikebut

Dalam penelitian tersebut, karier dibidang militer ternyata memiliki angka perceraian yang cukup tinggi yaitu 30 persen. Disusul profesi lain dibidang logistik, layanan teknisi otomotif, hingga mekanik.

Ilustrasi perceraian.

4 Pertanyaan Sadis Ini Sering Diterima Pasangan Obesitas

Lebih lanjut situs tersebut menulis bahwa faktor stres berkepanjangan yang terjadi pada pasangan yang aktif berpindah-pindah lokasi kerja itulah yang memicu retaknya rumah tangga, sehingga mereka mengalami kesulitan ketika hidup berkeluarga di rumah.

Hasil serupa dilaporkan oleh studi lain yang dipublikasikan dalam Journal of Population Economics di 2017. Dikatakan penempatan dalam tugas militer benar-benar memiliki efek negatif pada pernikahan.

Studi tersebut menemukan bahwa angka perceraian meningkat secara signifikan ketika salah satu pasangan menghabiskan waktu yang lama berada jauh dari rumah.

Sebagai perbandingan, analisis data dari Zippia mengungkap ada beberapa karier dengan angka perceraian yang rendah seperti pekerja religi, dokter gigi, dan ahli patologi bahasa.

Ilustrasi pasangan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya