Sering Baper, Awas Gejala Bipolar

Ilustrasi marah
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Kesehatan mental menjadi fokus perhatian yang tak kalah pentingnya seperti kesehatan fisik. Namun sangat disayangkan di Indonesia gangguan psikologis masih dianggap tabu. 

Suka Halu Dicintai Orang Lain? Hati-Hati Gejala Gangguan Mental Erotomania

Salah satu kondisi memprihatinkan soal gangguan kesehatan jiwa adalah bipolar. Dialami oleh beberapa selebriti dunia, sebutan bipolar mulai ramai dibicarakan.

Gangguan Bipolar atau bipolar disorder adalah suatu kondisi mental yang menyebabkan terjadinya perubahan mood yang ekstrem, seperti sedih berlebihan hingga terbawa perasaan atau ‘baper’.

Begini Ciri-Ciri Artis yang Disuruh Menjauhi Marshanda karena Bipolar

Hal ini membuat orang yang memiliki gangguan bipolar dapat berubah perasaan secara tiba-tiba dari sangat bahagia (mania) menjadi sangat sedih (depresi). 

Ilustrasi anak depresi

Marshanda Ungkap Ciri-ciri Artis yang Disuruh Menjauhinya

Sering kali, di antara perubahan keduanya, pasien tetap mengalami kondisi mood yang normal.

Dilansir Web MD bipolar disorder sering kali muncul pada masa akhir remaja atau awal masa dewasa. Setidaknya, setengah dari kasus munculnya gangguan bipolar adalah mereka yang berusia di bawah 25 tahun. 

Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan kondisi ini juga dapat ditemukan pada anak dan orang dewasa.

Memahami gangguan bipolar lebih  dalam, pakar kesehatan jiwa dr Iman Firmansyah, SpKJ akan mengupas tuntas soal bipolar dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT tvone yang tayang Jumat 27 April 2018.

Dipandu host dr Vito Damay, SpJP(K), M.Kes, FIHA, FICA dan dr Reinita Arlin Puspita. AYO HIDUP SEHAT juga akan membahas topik lain yang tak kalah menarik soal manfaat kencur untuk kesehatan yang dipandu pakar gizi klinis dr. Ida Gunawan, MS, SpGK.

AYO HIDUP SEHAT juga bisa Anda saksikan streaming di laman ini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya