Menu Praktis untuk Cegah Kulit Kering Saat Puasa

Wanita berhijab
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Saat berpuasa, masalah utama yang sering dialami tubuh yaitu kekurangan cairan atau dehidrasi. Kondisi tersebut juga berdampak pada kulit.

Belajar Masak - Contek Menu Buka Puasa di Ngabuburit Festival

Kulit yang tidak terhidrasi dengan baik, bisa memicu kekeringan. Untuk itu, penting menjaga kulit tetap lembap alami selama menjalankan ibadah puasa.

"Penting saat berpuasa itu adalah konsumsi jus buah. Karena dari jus buah yang dikonsumsi itu, cairannya bisa mencukupi kebutuhan tubuh, khususnya saat berpuasa," ujar dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Tina Wardhani SpKK(K)., kepada VIVA beberapa waktu lalu.

Menteri Agama Ingatkan Ormas Razia saat Ramadan Berpotensi Kerawanan

Tak hanya cairan, kebutuhan akan vitamin yang terkandung dalam buah-buahan juga bisa memberi manfaat baik pada tubuh di kala berpuasa. Terlebih, jus buah juga aman dikonsumsi bagi mereka pengidap diabetes.

"Kalau kasusnya juga diabetes, minum jus buah itu aman sekali. Asal jangan ditambah dengan pemanis lagi. Sop buah sebaiknya tidak untuk orang diabetes, tapi untuk mereka yang non diabetes saja," tambah dokter Tina.

VIDEO: 6 Iklan Inspiratif yang Bikin Hati 'Luluh Lantak'

Dokter Tina menyarankan agar pembuatan jus buah juga dikombinasikan dengan buah lain atau tambahan sayur. Buah atau sayur yang paling direkomendasikan, yaitu yang memiliki manfaat vitamin C yang tinggi.

"Vitamin C itu bagus itu meregenerasi kulit, jadi kalau bisa cari buah dengan sumber vitamin C yang banyak seperti tomat, jeruk, pepaya. Coba kombinasikan dengan buah lain agar dapat manfaat banyak vitamin sekaligus," jelasnya.

Ilustrasi pola hidup sehat.

5 Tips Menjaga Kesehatan Selama Bulan Ramadhan, Bisa Pantang Batal Puasa

Sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan. Bulan penuh rahmat dan ampunan, sehingga harus kita isi dengan ibadah secara optimal. berikut Tips Menjaga Kesehatan

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2023