4 Alasan Osteoatritis Rawan Dialami Usia Muda

Ilustrasi nyeri sendi.
Sumber :
  • Pixabay/ Andersonvr

VIVA – Osteoarthritis adalah kondisi yang sering terjadi ketika sendi tulang rawan mulai menipis. Ini biasanya terjadi pada mereka yang berusia semakin lanjut karena penurunan fungsi tubuh.

Osteoporosis, Ancaman Wanita Pasca Menopause

Meski begitu, bukan tak mungkin kasus ini terjadi pada kaum muda. Berikut alasan kasus osteoatritis menimpa mereka yang berusia muda, berdasarkan paparan spesialis bedah ortopedi, dr. Karina Besinfa SpOT(K), dalam temu media di Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk, Jakarta, Rabu 23 Mei 2018.

1. Trauma

5 Manfaat Main Basket Bagi Tubuh dan Mental

Pernah jatuh dan membuat cedera, memicu peradangan sendi mudah terjadi. Biasanya, kondisi ini hadir di area lutut karena bagian ini paling banyak menopang berat tubuh.

Ilustrasi nyeri sendi

Fuji Alami Skoliosis, Tulang Belakang Jadi Miring ke Kiri

2. Hormon estrogen

Pada wanita, lebih berisiko alami osteoatritis di usia muda, seperti di awal 30 tahun. Hal ini berkaitan dengan hormon estrogen yang menurun dan berkaitan dengan bantalan atau elastisitas tulang.

3. Genetik

Ada yang secara turun temurun memiliki genetik yang cenderung mudah mengalami penipisan bantalan tulang. Khususnya bagi individu yang memiliki aktivitas berat seperti suka berlari.

4. Penggunaan obat jangka lama

Beberapa kondisi membutuhkan obat yang dikonsumsi dalam jangka lama seperti pemakaian steroid pada penyakit asma. Selain itu, penyakit autoimun dan gangguan hormon tiroid.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya