Jangan Lewatkan Hal Ini Saat Selamatkan Pasien Sakit Jantung

Pria sesak napas.
Sumber :
  • Pixabay/ HansMartinPaul

VIVA – Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Terlambat dalam penanganannya, bisa memicu penurunan fungsi tubuh hingga kematian yang mengintai.

Sebelum Meninggal, Donny Kesuma Ngaku Tekuni Pekerjaan di Dunia Malam Selama 20 Tahun

Maka dari itu, dibutuhkan cara cepat namun tepat dalam menangani kasus penyakit jantung ini. Salah satunya dengan menyediakan beberapa jenis obat penting.

"Aspirin dan statin. Terapi paling utama memang aspirin karena itu sebagai pengencer darah selagi menunggu ambulans datang. Statin dipakai untuk menurunkan kolesterol yang memicu serangan jantung akibat penyempitan pembuluh darah," ujar Spesialis Jantung Paru, dr. Johan Winata, Sp.JP(K), FIHA, dari RSPI Puri Indah, kepada VIVA beberapa waktu lalu.

Duka Mendalam Baim Wong dan Armand Maulana atas Kepergian Donny Kesuma

Dikatakan Johan, aspirin wajib dikonsumsi pada mereka yang memang berisiko terhadap penyakit jantung saja. Pada orang normal atau yang tidak berisiko, sebaiknya tidak konsumsi obat aspirin karena berbahaya untuk lambungnya.

"Kalau pada yang berisiko jantung, aspirin membuat gumpalan darah menjadi minim sehingga serangan jantung tidak hebat. Sementara pada orang normal, tidak memberi manfaat sama sekali dan bahkan pemakaian lama bisa mengiritasi lambung," ungkapnya.

Riwayat Sakit Donny Kesuma Sebelum Meninggal, Alami Lemah Jantung Hingga Pernah Pasang Ring

Sama halnya dengan pemakaian statin, harus dikonsumsi oleh orang yang berisiko penyakit jantung. Akan berbahaya pada organ hati jika dikonsumsi orang normal atau yang tidak ada indikasi penyakit jantung.

"Statin memang baik untuk turunkan kolesterol, sehingga proses penyempitan pembuluh darah bisa dihambat. Kalau terbukti punya penyakit jantung koroner atau stroke, statin sangat cocok dikonsumsi sebagai pertolongan pertama. Tapi kalau orang normal, statin hanya memicu rasa lelah dan gangguan pada liver."

LeBron James dan putranya Bronny James

Sempat Kena Serangan Jantung, Putra LeBron James Masuk Draf NBA Musim Ini

 Putra LeBron James, Bronny, dirumorkan akan masuk dalam draf pemain NBA 2024, terlepas dari tahun pertamanya di bola basket kampus (NCAA)

img_title
VIVA.co.id
6 April 2024