Wajib Tahu, 5 Hal Pemicu Radang Usus yang Ternyata Hanya Mitos

Ilustrasi sistem pencernaan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Radang usus merupakan suatu kondisi saat usus alami peradangan atau inflamasi. Penyebabnya sendiri belum diketahui, namun tak sedikit mitos yang beredar terkait pemicu dari radang usus.

Waspada! Kenali Pengertian dan Penyebab Usus Buntu Lebih Dalam

Spesialis penyakit dalam dr. Imelda Maria Loho, Sp.PD menyebut bahwa radang usus merupakan salah satu peradangan kronik yang menyerang sistem pencernaan.

"Sehingga kondisi dinding ususnya sendiri menjadi tidak rata dan alami lecet. Tak sedikit yang memicu perdarahan hingga diare," ujarnya dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT di tvOne Kamis 19 Juli 2018. Untuk memahami lebih jauh terkait radang usus, berikut mitos dan fakta radang usus yang perlu diketahui.

Benarkah Makan Mie Instan Tiap Hari Bisa Picu Usus Buntu? 

1. Makanan pedas picu radang usus

Ini adalah mitos. Makanan pedas tidak dapat menimbulkan radang usus namun bisa memicu gejala yang mirip seperti radang usus, antara lain diare, perdarahan di usus, dan sakit perut. Makanan pedas memiliki zat capcaisin yang memicu timbulnya rasa mual dan bahkan muntah.

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

2. Biji jambu memicu radang usus

Mitos ini dikaitkan dengan banyaknya opini terkait biji yang tersangkut dan membuat radang usus timbul. Faktanya, radang usus sendiri terjadi karena ada pembengkakan dan timbul radang di area usus.

3. Olahraga setelah makan sebabkan radang usus

Memang tidak dianjurkan untuk langsung berolahraga usai konsumsi makanan dalam porsi besar. Minimal, beri jeda selama satu hingga dua jam usai konsumsi makanan untuk setelahnya berolahraga. Sebab, sistem pencernaan membutuhkan oksigen untuk mencerna makanan. Sehingga, saat berolahraga, oksigen tersebut dipakai secara paksa untuk beraktivitas dan akibatnya memberi gejala seperti radang usus yaitu mual.

4. Makan mi instan picu radang usus

Faktanya, penyebab pasti radang usus belum diketahui. Mi instan sendiri memang bukan makanan yang sehat karena terdapat garam dan msg yang tinggi. Berpotensi menimbulkan penyakit seperti hipertensi dan memicu maag. Tetapi, mi instan belum terbukti mampu memicu radang usus.

5. Radang usus lebih banyak menyerang pria

Radang usus bisa menimpa siapa saja, baik itu laki-laki maupun perempuan. Belum ada bukti ilmiah yang menemukan radang usus lebih banyak menimpa kaum lelaki

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya