Ganas dan Menguras Kantong, Ini Fakta Lain Kanker Payudara

Ilustrasi kanker payudara.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Kanker payudara merupakan penyakit yang hingga saat ini masih menjadi momok, khususnya tidak hanya kaum wanita, tapi juga pria.

Jangan Salah, Begini Cara Pilih Pengobatan yang Tepat untuk Kanker

Kanker payudara merupakan penyakit yang disebabkan oleh sel ganas (kanker) yang tumbuh pada jaringan payudara.

Sel-sel ini biasanya muncul pada saluran atau lobula di payudara dan menyebar di antara jaringan atau organ yang ada serta ke bagian tubuh lainnya.

Ini Jenis Kanker yang Paling Bisa Dicegah dan Disembuhkan

Menurut statistik terbaru dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pada 2014 terdapat 48.998 kasus baru kanker payudara dan 19.730 kasus kematian di Indonesia.

Spesialis penyakit dalam Dr. Wismandari Wisnu, SpPD-KEMD menyebut bahwa dahsyatnya pertumbuhan tersebut disebabkan keterbatasan metode penyembuhan, dan tidak lebih dari 10 persen pasien yang berhasil mempertahankan payudaranya.

Hari Kanker Sedunia, Awas 4 Jenis Kanker Ini Mengintai

Tak hanya ganas, pengobatan kanker payudara di Indonesia terbilang tidak murah. Bahkan, beberapa waktu lalu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) bahkan membatasi pembiayaan obat Transuzumab, salah satu obat yang ampuh menghambat pertumbuhan sel kanker.

Penjelasan lebih lanjut, Dr. Wisnu akan mengupasnya dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT di tvOne Senin 23 Juli 2018.

Dipandu host dr. Sheila Salsabila BMedSc dan Indra Bekti, AYO HIDUP SEHAT juga akan tayang live streaming pukul 13.00-14.00 WIB di laman ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya